UGM Jadikan Ponpes Al Hikmah Percontohan Pesantren Sehat

oleh
Pusat Kesehatan Pondok Pesantren Al Hikmah Karangmojo dibuka. (KH).

KARANGMOJO, (KH),– Universitas Gadjah Mada (UGM) melalui Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) melaksanakan program pengabdian masyarakat berupa program bidang kesehatan di Ponpes Al Hikmah Karangmojo.

Selain memberikan pendampingan dan edukasi penerapan hidup sehat, FKKMK UGM juga membuka kembali Pusat Kesehatan Pondok Pesantren (Poskestren). Pusat kesehatan tersebut akan menjadi unit terkecil penanganan kesehatan di kawasan Ponpes.

“FKKMK UGM ingin menjadikan Ponpes Al Hikah menjadi percontohan pesantren sehat,” kata Dekan Fakultas Kedokteran, FKKMK UGM, Ova Emilia disela peresmian pembukaan Poskestren, Selasa (28/5/2019).

Gagasan ‘Pesantren Sehat’ oleh FKKMK UGM berupa ajakan kepada santri dan lingkungan pondok pesantren untuk menerapkan pola hidup sehat. Sehingga tidak ada penyakit yang menular seperti scabies di lingkup ponpes.

Disampaikan lebih lanjut, pelatihan kader juga diberikan. Mereka akan didik untuk dapat mendiagnosa penyakit yang diderita di lingkungan pesanten. Kader tersebut juga diharapkan dapat berani mengambil mengambil keputusan ketika melakukan penanganan kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama,  Wakil Dekan Bidang Kerja Sama, Alumni dan Pengabdian Masyarakat, Mei Neni Sitaresmi menyatakan akan menggandeng fakultas lain yang memiliki korelasi disiplin ilmu yang dapat diterapkan di lingkungan pesantren.

“Langkah preventif di bidang kesehatan ini merupakan modal awal untuk menciptakan generasi maju yang sehat tidak hanya fisik namun juga mental dan sosial,” jelas Mei Neni Sitaresmi.

Sementara itu, pimpinan Pondok Pesantren Al Hikmah, KH. Harun Al Rasyid mengatakan, pihaknya berterimakasih dan mengapresiasi kepada UGM dengan adanya progam tersebut. Hadirnya progam pendampingan dibidang kesehatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh warga pesantren. (Kandar)

Komentar

Komentar