Turut Cegah Birokrasi Korup, Polres Gunungkidul Canangkan Zona Integritas

oleh
Upacara Penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Zona Integritas di Polres Gunungkidul, Selasa, (29/1/2019).
Upacara Penandatanganan Pakta Integritas dan Pencanangan Zona Integritas di Polres Gunungkidul, Selasa, (29/1/2019).

WONOSARI, (KH),РReformasi birokrasi merupakan langkah penting dalam penataan siatem penyelengggaraan pemerintah agar lebih efektif. Hal tersebut disampaikan Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady, S.H., S.I.K, M.H., saat upacara Penandatanganan Pakta Integritas  dan Pencanangan Zona Integritas di Polres Gunungkidul, Selasa, (29/1/2019).

Menurutnya, birokrasi yang efektif, efisien dan melayani akan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat, profesional, dan bersih dari Praktik KKN. Birokrasi nantinya juga berkontribusi mempercepat pembangunan Indonesia.

Setiap Instansi Pemerintah Perlu membangun komitmen bersama dan melakukan perubahan secara struktur dengan cara membangun budaya kinerja, memangkas birokrasi yang berbelit, meningkatkan SDM dan melakukan pengawasan secara efektif. Pembangunan Zona Integritas dan Birokrasi Bersih Melayani merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam penindakan dan pencegahan korupsi yang dilaksanakan serentak dan sinergi dalam pembangunan Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945.

“Membangun Unit kerja pelayanan berpredikat WBK / WBBM harus didasari dari perbaikan internal organisasi secara nyata, sitematis, dan berkelanjutan. Perbaikan Internal meliputi pembangunan budaya kinerja, managemen SDM, proses bisnis yang efektif dan efisien, pengawasan pengendalian internal,¬† serta¬† meningkatkan kwalitas pelayanan,” papar Ahmad Fuady.

Sambung dia, Zona Integritas merupakan predikat yang diberikan kepada kementrian / lembaga yang berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih melayani. Diungkapkan, tahun 2018 di Polda DIY terdapat 2 Satker yang telah memperoleh Predikat WBK yaitu Dit Lantas dam Dit Reskrimsus Polda DIY

“Polres Gunungkidul dalam wewujudkan Zona Integritas dan Birokrasi Bersih Melayani maka seluruh Personil Polres harus mempersiapkan diri, antara lain : melaksanakan komitmen dari tingkat PJU, Kapolsek sampai dengan staf, konsisten dalam melaksanakan pembangunan Zona Integritas dan menjadi Role Model bagi masyarakat,” jelas Kapolres lagi.

Selain itu juga ditempuh dengan melaksanakan inovasi untuk mendukung setiap pelaksanaan tugas agar lebih efektif dan efisien, melaksanakan manajemen media dengan baik, serta meningkatkan kwalitas pelayanan publik.

Sementara itu hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut diantaranya; Pejabat Itwasda Polda DIY, AKBP Abdul Wahid, S.Pd, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. Drs H. Immawan Wahyudi, M.Hum., Ketua DPRD, Demas Kursiswanto, AMd., Dandim 0730/GK, Letkol Inf M. Taufik Hanif, dan sejumlah pejabat OPD serta tamu undangan. (Kandar)

Komentar

Komentar