TMMD Sengkuyung Di Gedangsari, Bangun Jembatan Dan Jalan Baru

oleh
Upacara pembukaan TMMD Sengkuyuung ke 103 Tahun 2018 di Desa Tegalrejo. KH
Upacara pembukaan TMMD Sengkuyuung ke 103 Tahun 2018 di Desa Tegalrejo. KH

GEDANGSARI, (KH),– TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-103 Tahap III 2018 Kodim 0730/Gunungkidul dimulai. Sasaran  kegiatan ini berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Tanjungsari.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0730/Gunungkidul, Kapten Inf Agus Rahmad Widodo pada upacara pembukaan TMMD menyebutkan, sasaran fisik TMMD kali ini berupa pembuatan jembatan sepanjang 8 meter dan lebar 4 meter di Padukuhan Prengguk Desa Tegalrejo.

“Juga normalisasi jalan atau pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter dengan lebar 4 meter,” terangnya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik diantaranya berupa penyuluhan-penyuluhan seperti; mawasan kebangsaan dari Kodim 0730/Gunungkidul, bahaya narkoba dari BNK Kabupaten Gunungkidul, pencegahan penyalahgunaan medsos dari Kominfo, pencegahan paham radikal dan Kamtibmas dari Polres Gunungkidul, dan lain-lain.

Adapun sumber dana TMMD Sengkuyung Ke 103 tahap III Tahun Anggaran 2018 di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunungkidul berasal dari APBD DIY sebanyak Rp. 75.000.000 dan APBD Kab Gunungkidul Rp. 225.000.000. Selain itu ada swadaya masyarakat berwujud barang material berupa kayu, batu, tenaga dan lain-lain berkisar senilai Rp. 50.000.000.

Sementara itu dalam kesempatan sambutan, Wakil Bupati Gunungkidul, Dr. Drs. H. Immawan Wahyudi SH MH, menyampaikan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) selalu menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Tidak hanya dalam mengemban tugas pokok sebagaj penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), tetapi juga hadir sebagai penggerak pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di wilayah perdesaan.

Melalui kegiatan TMMD, TNI telah melebur bersama rakyat dan mengabdikan kemampuannya demi kepentingan seluruh warga masyarakat. Hal tersebut merupakan wujud kepedulian dari TNI dalam mengemban amanat dan panggilannya untuk senantiasa berusaha mendukung suksesnya pembangunan di seluruh wilayah Indonesia.

“Kegiatan TMMD yang telah berlangsung sejak lama dan terus dilaksanakan hingga kini mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat,” jelas Immawan.

Lanjutnya, dampak positif tersebut tidak hanya dari adanya beragam sarana prasarana fisik yang sudah terbangun, tetapi juga mampu menggugah kesadaran masyarakat. Kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat berhasil melewati tantangan dan kesulitan dalam pembangunan.

Dengan TMMD, masyarakat juga semakin percaya diri, sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraannya melalui berbagai kegiatan pemberdayaan setiap potensi yang ada di wilayahnya.

“Maka dari itu, saya sangat mendukung dan mengapresiasi jajaran TNI karena kegiatan TMMD terus dilakukan bersama masyarakat perdesaan di Kabupaten Gunungkidul,” tukas Immawan. (Kandar)

Komentar

Komentar