TMMD: Fasilitas Umum Di Tegalrejo Terbangun Dengan Dana Ratusan Juta

oleh
Upacara penutupan TMMD Sengkuyung ke-103 di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari. KH
Upacara penutupan TMMD Sengkuyung ke-103 di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari. KH

GEDANGSARI, (KH),– TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-103 Tahap III Tahun Anggaran 2018 Kodim 0730/Gunungkidul selesai. Berbagai fasilitas di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari berhasil diwujudkan dengan dana hingga ratusan juta. Upacara penutupan TMMD digelar di di lapangan desa setempat, Selasa, (13/11/2018).

Pasi Ter Kodim 0730/Gunungkidul menyebutkan, Kapten Inf Agus Rahmad Widodo menyebutkan, sasaran fisik di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari yang terealisasi pembangunannya terdiri dari pembuatan jembatan 1 unit dengan Panjang 8 meter dan lebar 4 meter. Normalisasi jalan atau pembukaan jalan baru sepanjang 500 meter, lebar 4 meter terlaksana sesuai program dan terlampaui.

“Tambahan program pembuatan pos pantau bencana 2 unit dan pembuatan talud dengan panjang 30 meter,” tambah Kapten Inf Agus Rahmad Widodo

Diungkapkan, pra TMMD ke 103 Sengkuyung tahap III tahun 2018 di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul dimulai tanggal 1 hingga 12 Oktober 2018. Kemudian TMMD dilaksanakan mulai 15 oktober 2018 hingga 13 November 2018.

Selain itu, kegiatan non fisik yang dilaksanakan diantaranya penyuluhan-penyuluhan materi seputar wawasan kebangsaan dari Kodim 0730/GK, bahaya narkoba dari BNK Kabupaten Gunungkidul, dan pencegahan penyalahgunaan medsos dari Kominfo dan lain-lain.

Adapun sumber dana dalam TMMD Sengkuyung Ke 103 tahap III 2018 di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari berasal dari APBD DIY senilai Rp. 75.000.000 dan APBD Gunungkidul sebanyak Rp. 225.000.000. Serta Swadaya masyarakat berwujud barang material kayu, batu, tenaga dan lain-lain yang diperkirakan mencapai sekitar Rp 50.000.000.

Dalam amanat, Kepala Staf Angkatan Darat selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD, Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Dandim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf Muh. Taufik Hanif Y. S.Sos, selama hampir satu bulan sejak kegiatan TMMD ke-103 ini secara resmi dibuka, para prajurit TNI, anggota Kepolisian, aparat Pemda, serta segenap komponen masyarakat telah bekerja keras, guna mencapai sasaran pembangunan, baik fisik maupun non-fisik, yang mencakup 50 desa sasaran di 50 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Di setiap kegiatan TMMD, dapat disaksikan semangat kebersamaan serta gotong- royong yang terpancar. Hal ini menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa.

“Sebagaimana menjadi visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat,” jelas Letkol Inf Muh. Taufik Hanif. (Kandar)

Komentar

Komentar