Tiga ABK Tercebur Setelah Kapal Pecah Oleh Hantaman Ombak

oleh
Kiri: Upaya SAR menyelamatkan ABK yang tercebur ke laut setelah kapal pecah. Kanan: Salah satu ABK yang berhasil dievakuasi mengalami luka. Foto: SAR Satlinmas Wil. I Wediombo.

GIRISUBO, (KH),– Tiga Anak Buah Kapal (ABK) tercebur ke laut di kawasan dermaga pendaratan kapal Pantai Sadeng, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul Sabtu, (15/7/2017).  Sebagaimana laporan SAR Satlinmas Istimewa Wilayah I Pantai Wediombo, kapal bernama Sari Laut 01 pecah pada bagian lambung.

“Kejadian bermula saat kapal yang ditumpangi 3 buah ABK dan 1 nahkoda hendak menepi ke dermaga Pantai Sadeng sekitar pukul 08.00 WIB,” kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah I Wediombo, Sunu Handoko.

Sebelumnya, para korban berangkat melaut pada hari yang sama pada pukul 01.00 WIB dini hari. Ungkap Sunu handoko, ketika hendak memasuki pintu dermaga, tiba-tiba ombak besar dari selatan datang dan menghantam kapal sebanyak dua kali.

Lanjutnya, dahsyatnya gelombang dan tiupan angin yang kencang membuat kapal sempat oleng. Lantas kapal menghantam beton-beton kubus pemecah gelombang sehingga mengalami rusak parah pada bagian lambung.

Tiga ABK diantaranya, Sunadi (23), Taufik (34), dan Tamrin (50) tercebur ke laut. Tim SAR dan nelayan lain yang melihat langsung mengambil tindakan penyelamatan.

“Ketiga ABK berusaha menyelamatkan diri dengan berenang. Saat itu kami lempar pelampung,” imbuh Handoko.

Sebanyak enam anggota SAR dibantu nelayan terlibat membantu penyelamatan. Korban, Ketiga ABK dapat menepi menggunakan pelampung. Sementara satu nahkoda, Selo (30) bersama kapal di evakuasi dengan alat seadanya. Para korban berhasil diselamatkan, namun para ABK menderita luka-luka. (Kandar)

Komentar

Komentar