Tiada Negeri Maju tanpa Baca Buku

WONOSARI, kabarhandayani,– Gunungkidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas wilayah 1.485,35 km2 atau 46,63% dari luas wilayah DIY. Wilayah kabupaten ini terbagi ke dalam 18 kecamatan dan 144 desa.

Wilayah Gunungkidul dicirikan oleh bentang alam yang bervariasi, dari pantai, dataran rendah, sampai dataran perbukitan dengan ketinggian berkisar antara 0 s.d. 800 m dpl.

Sebagian besar wilayah Kabupaten Gunungkidul merupakan areal pertanian dengan sekitar 90% merupakan lahan kering pertanian tadah hujan yang sangat bergantung kondisi curah hujan yang ada. Namun, di balik kondisi kering tersebut, kawasan Gunungkidul menyimpan berjuta potensi kekayaan alam sebagai kawasan konservasi karst Gunungsewu dengan panorama alam yang indah berikut pernak-pernik budaya masyarakat di dalamnya.

Geliat pembangunan spasial dan pembangunan sumber daya manusia di wilayah Kabupaten Gunungkidul terus dilaksanakan oleh Pemerintah bersama-sama dengan masyarakatnya. Tahun 2012, jumlah penduduk Gunungkidul tercatat 680.406 jiwa, dengan demikian kepadatan penduduknya mencapai 458,07 jiwa/km2.

Angka dependency ratio tahun 2012 menunjuk sebesar 53,45%, artinya tiap 100 penduduk usia produktif menanggung sebesar 54 orang penduduk yang belum produktif dan yang sudah tidak produktif lagi.

Dari sisi pendidikan, mayoritas penduduk Kabupaten Gunungkidul didominasi oleh mereka yang menamatkan pendidikan SD ke bawah dengan jumlah sekitar 48,6%. Penduduk yang menamatkan pendidikan SLTP mencapai 30,8%, sementara yang menamatkan SLTA tercatat 17,4%, sedangkan selebihnya 3,2% adalah penduduk yang menamatkan pendidikan tingkat diploma ke atas. Angka-angka statitik tersebut menunjukkan adanya perubahan dari periode sebelumnya. Kesemuanya menunjukkan adanya perubahan menuju perbaikan kondisi pendidikan di wilayah Gunungkidul.

Melihat kondisi pembangunan wilayah dan pembangunan sumber daya manusia tersebut, Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah sebagai salah satu instansi pemerintah Kabupaten Gunungkidul yang memiliki tugas pokok dan fungsi sebagai penyelenggara  perpustakaan dan pengarsipan dokumen daerah tertantang untuk terus ikut dalam proses pembangunan sumber daya manusia.

Simak berita video berikut untuk mengikuti testimoni Wakil Bupati Immawan Wahyudi dan Ketua DPRD Gunungkidul Budi Utama, tentang peran perpustakaan dalam mewujudkan Masyarakat Gunungkidul Cerdas, Makmur, dan Sejahtera. (Narasi: J Yanuwidiasta & Sidik, Videographer: Sidik & Tim KH, Foto: KPAD Gk).

 

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar