Terobosan Gedangsari: Agar Valid, Calon Penerima PKH Diumumkan Terbuka

oleh
Pemaparan data calon penerima PKH Kecamatan Gedangsari. foto: istimewa.

GEDANGSARI, (KH),– Sering kali Bantuan Sosial (Bansos), sepertihalnya program Peserta Keluarga Harapan (PKH) mengundang kecemburuan antar warga. Hal yang umum, ada warga yang menilai sebagian penerimanya tidak layak. Dilain pihak ada warga lain yang dianggap pantas menerima justru tidak mendapatkan bantuan sosial.

Untuk mengantisipasi kecemburuan sosial tersebut, Kecamatan Gedangsari melakukan terobosan baru dalam rangka proses validasi calon penerima PKH.

Camat Gedangsari, Martono Iman Santoso, S.IP., mengungkapkan, data calon peserta PKH di wilayah Kecamatan Gedangsari, Kamis, (12/09/2019) kemarin dipaparkan terbuka di aula Kantor Kecamatan Gedangsari di hadapan banyak pihak.

“Paparan ini dimaksudkan untuk memastikan data calon penerima manfaat PKH memenuhi kriteria komponen PKH. Begitu juga kondisinya riil sesuai dengan data yang terekap,  maka data dijamin valid,” kata Martono Iman Santoso.

Pada kesempatan tersebut pihaknya berharap, paparan hasil validasi dapat menjawab permasalahan yang ada di lapangan selama ini, yaitu pandangan kurang dilibatkannya pihak Pemerintah Desa dalam setiap kegiatan program PKH.  Termasuk dalam hal yang berhubungan dengan validasi data.

Dalam kesempatan pemaparan, beberapa pihak terkait yang dihadirkan, diantaranya; Forkompinca Kecamatan Gedangsari, Seluruh Kepala Desa,  Kasi Pelayanan dan Anggota BPD se-Kecamatan Gedangsari juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Sosial, Drs. Wijang Eka Aswarna, M. dan Kepala Bidang Persandian Diskominfo Gunungkidul, Joko Hardiyanto, SP, MEng.

Usai data dipaparkan tidak ada permintaan revisi. Dipenghujung acara dilakukan kegiatan penandatanganan Berita Acara kesepakatan bersama antara Kepala Desa dengan pendamping PKH sebagai bukti data yang dihasilkan telah disepakati oleh semua pihak.

Dalam sambutan, baik Sekretaris Dinas Sosial maupun Kabid Persandian dan Statistik, Diskominfo Kabupaten Gunungkidul, memuji kegiatan tersebut.

“Paparan semacam ini di Kabupaten Gunungkidul baru dilaksanakan untuk pertama kalinya,” puji Wijang Eka Aswarna.

Komentar

Komentar