Tekan Angka Kecelakaan, Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas Digelar

oleh
Penilaian dan peresmian Kampung Tertib Lalu Lintas di Padukuhan Purbosari, Desa Kepek, Wonosari. doc. Polres Gunungkidul.

WONOSARI, (KH),– Tim Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas Polda DIY  melakukan sejumah upaya guna menekan kecelakaan lalu lintas. Salah satu terobosan yakni dengan menggelar lomba Kampung Tertib Lalu Lintas.

Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda DIY, AKBP Sulasmi mengatakan, program tersebut merupakan program nasional yang dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Ada beberapa kriteria penilaian diantaranya terkait rambu-rambu yang ada di desa, tingkat pelanggaran dan sejauh mana pertisipasi masyarakat dalam menciptakan ketertiban berlalu lintas,” terang AKBP Sulasmi usai melakukan penilaian kampung tertib lalu lintas di Desa Wonosari Kamis, (28/6/2018).

Dalam pelaksanaannya, penilaian kampung tertib lalu-lintas dilaksanakan oleh Tim Korlantas Polri dan Direktorat Lalu Lintas Polda DIY. Kampung yang menjadi percontohan diharapkan dapat menjadi kampung wisata edukasi.

“Diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat berupaya menekan angka kecelakaan lalu-lintas,” harap AKBP Sulasmi.

Keberadaan Kampung Tertib Lalu Lintas sexara tidak langsung dapat membantu tugas kepolisian. Jalinan dengan masyarakat termasuk perangkat desa mulai dari level bawah seperti dukuh, kepala desa, pemuda dapat menumbuhkan peran aktif demi ketertiban dan keselamatan berlalu lintas. Dicontohkan, semua warga memiliki kewajiban untuk mengingatkan jika ada pengendara yang melintas dengan tidak tertib.

Dalam kesempatan yang sama, Wakapolres Gunungkidul, Kompol Verena Sri Wahyuningsih berharap, kegiatan yang tergolong baru tersebut dapat menekan angka kecelakaan secara signifikan di Gunungkidul. Terlebih, tak hanya dari kepolisian saja, dukungan keberadaan Kampung Tertib Lalu Lintas juga mendaat support dari Dinas Perhubungan dan beberapa instansi lain.

“Harapannya pula, tidak hanya di Padukuhan Purbosari, Desa Kepek saja, namun Kampung Tertib Lalu Lintas muncul di desa-desa lain,” harapnya. (Wibowo)

Komentar

Komentar