Tanah Ladang Milik Warga Rongkop Amblas

oleh
Lubang di tanah ladang milik warga Rongkop, Gunungkidul. KH
Lubang di tanah ladang milik warga Rongkop, Gunungkidul. KH

RONGKOP, (KH),– Tanah milik Warsiyem, warga Dusun Dadapan, Desa Petir, Kecamatan Rongkop mengalami amblas. Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, petugas Polsek Rongkop melakukan antisipasi.

Kepala SPK Polsek Rongkop, Aipda Wargito mengatakan, pihaknya melakukan antisipasi dengan memasang garis polisi pada Kamis, (31/1/2019) malam. “Supaya warga tidak terlalu mendekat,” katanya.

Selain memasang garis polisi, pihaknya juga menghimbau warga untuk tidak terlalu mendekat dengan lubang tanah atau sinkhole tersebut.

Adapun kedalaman tanah amblas di lahan pertanian itu mencapai kurang lebih 3 meter. Sementara diameter lubangnya sekitar 1 meter.

Pemilik ladang mengaku sebelumnya tak ada tanda-tanda tanah di lahan pertanian miliknya akan amblas. Berupaya agar lubang tanah tersebut tertutup ia memasukkan bebrbagai sampah ke dalam lubang.

Mengetahui ada laporan tanah tiba-tiba amblas pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan peninjauan ke lokasi. Selain meninjau, BPBD juga memasang papan peringatan agar warga lebih hati-hati.

Sebagaimana diketahui, fenomena sinkhole di kawasan karst di Kabupaten Gunungkidul sangat mungkin terjadi. Sebab, lapisan di bawah permukaan tanah terdapat banyak rongga atau ponor. (Kandar)

Komentar

Komentar