Tagana Bekali Siswa MIN 4 Gunungkidul Pengetahuan Penanggulangan Bencana

oleh
Siswa MIN 4 Gunungkidul berlari ke luar kelas sembari melindungi kepala dengan tas saat simulasi bencana gempa bumi. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Taruna Siaga Bencaa (Tagana) Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan kegiatan Tagana Goes To School di MIN 4 Gunungkidul, Kamis, (19/7/2018). Dalam kesempatan tersebut Tagana memberikan pembekalan dan edukasi kepada guru serta murid mengenai pengetahuan penanggulangan bencana alam.

Penanggungjawab Kegiatan, Wargiyo mengatakan, edukasi tentang kebencanaan tidak hanya perlu diketahui oleh orang dewasa saja, namun juga penting diberikan kepada siswa sekolah.

“Sejak dini perlu pembekalan tentang kebencanaan. Harapannya anak-anak mampu menyelamatkan diri bilamana terjadi bencana,” harap Wargiyo.

Lanjut dia, edukasi kebencanaan diberikan ke setiap lapisan masyarakat sangat diperlukan mengingat di Gunungkidul merupakan daerah yang rawan terjadi bencana, seperti longsor, gempa bumi dan lain-lain.

“Kami sampaikan materi sekaligus melaksanakan simulasi bagaimana upaya penyelamatan jika terjadi gempa bumi saat anak-anak berada di dalam kelas,” terangnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala MIN 4 Gunungkidul, Ria Ali Wardana, M.Pdi., berterimakasih kepada Dinas Sosial dan Tagana Gunungkidul yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan edukasi kebencanaan.

“Dengan adanya pembekalan tanggap bencana harapannya seluruh warga sekolah dapat melakukan upaya penyelamatan jika terjadi bencana, sehingga meminimalisir adanya korban,” tukasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar