Studi Banding: UPSI Malaysia Berkunjung Ke SD Selang

oleh
Kegiatan pembelajaran di SD N Selang bersama institusi pendidikan dari Malaysia. KH.

WONOSARI, (KH),— Kerjasama bidang pendidikan dijalin lembaga pendidikan tingkat dasar dari Kabupaten Gunungkidul dengan lembaga pendidikan asal Malaysia.

Rabu (6/2/2019), Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia mengadakan studi banding dan menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di SDN Selang, Wonosari, Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut, pimpinan rombongan, Prof Dr Muhammad Nizam mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan upaya untuk berbagi mengenai ragam metode pembelajaran di kelas.

Saat melaksanakan kegiatan belajar mengajar, pendidik dari UPSI melaksanakan praktek mengajar. Pendidik dari negeri Jiran memberikan materi pelajaran bahasa Arab di salah satu kelas.

“Kami melaksanakan studi banding di sini. Meski di daerah, SDN Selang memiliki prestasi hingga tingkat internasional,” kata Prof Muh. Nizam.

UPSI yang konsen pada ilmu pendidikan akan menggali berbagai potensi kerjasama. UPSI juga memiliki fakultas yang membidangi seni marching band, sehingg hal tersebut juga menjadi salah satu topik bidang kerjasama.

Menurut Kepala SD Negeri Selang, Wasito, salah satu keunggulan SDN Selang yakni telah dimilikinya team marching band yang berprestasi hingga tingkat internasional.

Kesempatan pertemuan studi banding tersebut tak ingin disia-siakan, sehingga ia berharap dapat saling bertukar informasi tentang kemajuan pendidikan.

“Harapannya membawa manfaat yang besar bagi dua lembaga,” katanya.

Wasito menambahkan, tantangan perkembangan zaman menuntut majunya dunia pendidikan. Bahkan kegiatan pembelajaran di sekolah sudah umum diketahui secara global.

“Pembelajaran ini sudah bisa diketahui secara global baik di desa maupun perkotaan,” tukasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar