SMPN 2 Karangmojo Mampu Bersaing dengan SMP di kota

oleh
Gapura SMPN 2 Karangmojo. Foto : Sugeng
Gapura SMPN 2 Karangmojo. Foto : Sugeng

KARANGMOJO, (KH) – SMP Bejiharjo atau yang saat ini lebih dikenal sebagai SMPN 2 Karangmojo merupakan Sekolah Menengah Pertama yang berada Padukuhan Kulwo, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Sekolah yang berdiri sejak tahun 1979 merupakan perubahan dari Sekolah Teknik Negeri (STN) 1 Jurusan Mesin; sekolah teknik setingkat SMP pada saat itu.

Sukiyo, pensiunan guru SMPN 2 Karangmojo yang pertama kali masuk sebagai pendidik di sekolah tersebut menjelaskan, sekolah yang saat ini berdiri di atas tanah kas desa dan sebagian tanah warga yang bersedia tanahnya digunakan. Pada awalnya SMPN 2 terdiri dari 2 kelas dengan menyewa rumah Mbah Somo.

Siswa SMPN 2 Karangmojo dulunya didominasi oleh pelajar dari lingkungan sekitarnya. Kini, tidak sedikit pelajar dari daerah Karangmojo dan Wonosari yang masuk ke SMPN 2 Karangmojo. Hal ini dapat dilihat dengan adanya seragam khusus yang menjadi ciri khas SMP ini.

Pada tiap tahun ajaran baru, sekolah ini membuka penerimaan siswa baru dengan daya tampung 192 yang kemudian akan dibagi dalam 6 kelas dengan 32 siswa per kelasnya. Panitia juga menyiapkan 5 cadangan apabila ada siswa yang mengundurkan diri.

Untuk mendukung kebutuhan kegiatan mengajarbelajar (KMB) siswa SMPN 2 Karangmojo dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas sebagai berikut : Buku-buku (Buku materi pokok, buku pelengkap, buku bacaan dan buku rerfrensi), Ruang Akademik (terdiri dari Perpustakaan, Lab. Sains, Lab. Komputer, Ruang Audio Visual Aid, Ruang Konseling, Ruang Ibadah (baik muslim maupun non-muslim), Hotspot area, dan fasilitas pelengkap lainnya.

Sedang untuk mendukung keterampilan siswa, sekolah juga menyediakan alat-alat pelatihan seperti alat karawitan, alat menjahit, dan memasak serta ruang AVA dalam memfasilitasi bakat siswa dalam hal bermusik. Di bidang lain, sekolah juga mengadakan berbagai ekstrakulikuler seperti Pramuka, TPA, Olahraga (Sepakbola, Bola Volly, Bola Basket, dan Karate) dan Kesenian.

Prestasi yang telah diraih siswa SMPN 2 Karangmojo di tingkat kabupaten, Juara I Tenis Lapangan 2010, Juara I Desain Kriya 2010, Juara I Karate dan Pencak Silat 2012, Juara I Tinju 2014  dan masih banyak yang lain. Di tingkat provinsi, antara lain Juara I Desain Kriya 2010, Juara III Karate dan Pencak SIlat 2012 dan 2013, Juara III Tenis Lapangan 2015 dan di tingkat Nasional Juara VI Nasional Dalang 2011.

Mengenai persiapan menghadapi Ujian Nasional, Yatmoko Miyardi, M.Pd selaku kepala sekolah menjelaskan, telah menyiapkan tim sukses pelaksanaan UN, mengadakan les dan try out, serta memberikan sosialisasi kepada orang tua dan wali murid.

“Kami juga mengadakan kelompok belajar, satu guru mendampingi lima sampai enam anak untuk membahas hasil-hasil try out,” imbuhnya.

Untuk mengatasi kenakalan siswa, SMPN 2 Karangmojo telah memiliki Guru BK (Bimbingan Konseling) yang mendampingi siswa dalam menekan angka kenakalan siswa di sekolah, dan memberikan peraturan bagi siswa mulai dari kewajiban siswa, larangan bagi siswa, serta sanksi bagi siswa yang menyalahi aturan sekolah.

“Kami berharap SMP 2 Karangmojo ke depannya menjadi sekolah unggulan. Unggul dalam hal akademik dan juga non-akademik,” pungkasnya. (Sugeng)