SMP Ekakapti, SMP Tertua di Kecamatan Karangmojo

oleh

ekakaptiKARANGMOJO,(KH)¬†— Memilih sekolah sejatinya tidak perlu melihat status negeri maupun swasta, tetapi pilih sekolah yang¬†baik mutunya. Salah satunya adalah SMP Ekakapti Karangmojo, SMP tertua di Karangmojo yang berdiri sejak tahun 1959.

Dalam kurun waktu 4 tahun terakhir, jumlah pendaftar calon siswa baru mengalami peningkatan. Hal ini juga berdasar karena SMP Ekakapti Karangmojo selalu berusaha menjadi sekolah yang bermutu. Fasilitas yang disediakan sekolah inicukup lengkap, ada Lab IPA, Lab Bahasa, Lab Komputer, serta Ruang Khusus.

Sumarno SPd MM, Kepala SMP Ekakapti mengatakan, berbagai strategi atau kiat kiat telah dilaksanakan oleh sekolahnya untuk menjaga eksistensinya. Strategi tersebut mungkin jarang ada sekolah swasta yang menerapkannya.

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh SMP Ekakapti Karangmojo adalah berani menerima siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Kedua, mempertahankan kualitas pembelajaran dan ekstra. Ketiga, mengikuti berbagai lomba, pembinaan anak secara intensif, seperti jika 2 hari tidak masuk langsung dilakukan home visit, serta pembinaan bersama orang tua dan guru.

Sejak tahun 2005 SMP Ekakapti Karangmojo telah ditetapkan menjadi SMP Inklusi, yaitu sekolah umum yang menerima siswa ABK. Untuk siswa ABK, sekolah sudah menyiapkan Guru Pendamping Khusus (GPK) serta untuk beberapa mata pelajaran yang tidak memungkinkan diikuti oleh siswa. Bagi ABK juga telah disedialan peralatan yg mendukung, seperti mapel olahraga sudah disediakan sepeda statis, treadmil khusus ABK . Untuk semua guru atau tenaga pengajar SMP Ekakapti sudah ditatar tentang pendidikan inklusi.

SMP Ekakapti Karangmojo menyelenggarakan berbagai pilihan kegiatan ekstrakurikuler, seperti sepak bola, tenis meja, karate, Pramuka, bulu tangkis, tae kwon do, basket, futsal, ketrampilan, TPA/Qiro’ah, seni tari reog, elekton, hiking, kemping, study tour. Banyaknya ekstra juga berpengaruh positif dalam hasil lomba, seperti Juara I lomba Karate Putra & Putri Tingkat Kabupaten (2009) , Juara Harapan I Menulis Essay dan Mendongeng Tingkat Propinsi, Medali Perunggu Pra OSN Fisika & Biologi Tingkat Kabupaten (2012).

SMP Ekakapti Karangmojo juga mempunyai program beasiswa, yaitu beasiswa bakat dan prestasi, beasiswa sekolah inklusi, beasiswa CSR, beasiswa retrieval, beasiswa siswa miskin (BSM). Tercatat ada banyak alumni SMP Ekakapti Karangmojo yang telah sukses di dunia kerja saat ini, ada yang menjadi pengusaha, ada yang kerja di berbagai perusahaan seperti PT. GIA Jakarta, ada yang jadi dokter, polisi, tentara, serta ada yang menjadi guru, dosen, dan lain-lainnya.

“Selalu menjadi sekolah yang bermutu, membimbing para siswa dan tidak membeda-bedakan, baik siswa ABK maupun siswa lainnya. Karena tidak hanya siswa normal yang bisa berprestasi, siswa ABK pun bisa dan mampu,” pungkas Sumarno. (Hari)

Komentar

Komentar