SMK Giri Handayani Sekolah Kesehatan Pertama di Gunungkidul

oleh
Siswa SMK Giri Handayani sedang melakukan praktek Cek Kesehatan
Siswa SMK Giri Handayani sedang melakukan praktek Cek Kesehatan.KH/Atmaja

WONOSARI,(KH) — Bagi peserta didik baru yang ingin melanjutkan sekolah menengah atas di bidang kesehatan, tidak perlu jauh-jauh ke luar Kabupaten Gunungkidul. Saat ini di Gunungkidul sudah ada SMK Kesehatan Giri Handayani yang merupakan sekolah kejuruan di bidang kesehatan.

SMK Giri Handayani yang bernaung pada Yayasan STIKIP Catur Sakti Yogyakarta berdiri pada tahun 2014 lalu. Sekolah ini mempunyai dua bidang prodi yakni prodi keperawatan dan analisis kesehatan. Dengan mengusung visi menjadikan SMK yang profesional dan meningkatkan daya saing peserta didik di tingkat nasional maupun internasional melalui pendidikan pelatihan dibidang kesehatan, SMK Giri Handayani mempunyai motivasi membekali ketrampilan dalam menghadapo dunia kerja.

“Kami bekerja sama dengan beberapa puskesmas dan rumah sakit baik di Gunungkidul maupun Yogyakarta. Hal ini dilakukan agar siswa benar-benar paham saat menghadapi dunia kerja nantinya,” ucap Jirhana M.pd selaku kepala sekolah.

Ditambahkan oleh Jirhana, saat ini SMK Giri Handayani pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 Juli 2015 untuk dua prodi yang tersedia. Bagi peserta didik baru yang mendaftarkan lebih dahulu bisa memilih prodi yang ada.

Juga disediakan program beasiswa bagi siswa berprestasi dan program penempatan kerja untuk lulusan SMK Giri Handayani.
“Kami sudah menandatangani beberapa MOU untuk menjalin kerjasama setelah siswa kami lulus nanti,” ucapnya.

Fasilitas belajar mengajarpun sudah dilengkapi dengan fasilitas laboratorium pemeriksaan dan alat analisis kesehatan modern. Perlengkapan belajar mengajar yang lengkap dimaksudkan agar siswa lulusan SMK Giri Handayani mampu bersaing dalam era globalisasi.

Selain itu sebagai sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang kesehatan serta teknologi komputer dan informatika sebagai alat penunjang pembelajaran.

“Kami berupaya membentuk sikap peserta didik yang mandiri, trampil, aktif, kreatif dan inovatif. Itu semua agar siswa lulusan SMK Giri Handayani siap menghadapi dunia kerja,” tandasnya.(Atmaja)