SMA 1 Playen Gelar Pemilos, Pemilihan Ketua Osis Berbasis e-Voting

oleh
Pelaksanaan pemilihan ketua osis berbasis online. KH

PLAYEN, (KH),– Pemilihan Ketua Osis Berbasis e-Voting atau disebut Pemilos di SMA N 1 Playen menjadi satu-satunya metode pemilihan ketua osis yang dilaksanakan di Gunungkidul, bahkan mungkin di DIY.

Guru penggagas Pemilos, Topari S.T mengatakan, e-voting merupakan sistem pemilihan/ pemungutan suara untuk memilih ketua osis dengan sistem online.

“karena sistemnya e-vote maka pemilih akan memilih calon ketua osis dengan cara online, tidak lagi nyoblos. Bisa menggunakan PC , Laptop atau smartphone. Syaratnya harus login menggunakan email sekolah,” jelasnya, Senin, (27/8/2018).

Menurutnya, pemilihan suara secara online tetap mengedepankan azas pemilu, jujur dan adil. Sebab, sistem e-vote hanya menampilkan hasil rekap jumlah suara saja, sehingga pemilih tidak akan terbaca by name, siapa memilih siapa.

Dijelaskan, banyak manfaat jika pemilihan suara dilakukan secara e-vote. Menggunakan sistem online, yang paling utama adalah menekan biaya serta efisiensi waktu. Mulai dari pemilihan suara hingga penghitungan suara durasi pelaksanaannya tentunya lebih cepat.

Lebih jauh disampaikan, pelaksanaan Pemilos juga erat kaitannya dengan resmi tergabungnya SMA N 1 Playen dalam program Google Suite Education sejak tahun 2013. Dengan begitu SMA N 1 PLAYEN telah diberi hak untuk mengelola teknologi Google yang berbasis Cloud Computing.

Guna menghindari kecurangan, setiap satu anak hanya memiliki 1 email resmi dari sekolah, jadi hanya email sekolah yang bisa dijadikan untuk login.

Pihaknya menguraikan, beragam manfaat sistem e-vite diantaranya; meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pemilihan osis, menghemat penggunaan kertas, menghemat anggaran untuk proses pemilu, serta menghemat waktu dan tenaga dalam penghitungan hasil suara, sebab pemungutan suara dengan e-voting ini hasil rekapitulasinya sudah dikerjakan oleh sistem. (Kandar)

Komentar

Komentar