Situs Sokoliman Dipugar, Menhir Tiruan Buatan Tahun 2016 Dihilangkan

oleh
Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul melakukan monitoring di Situs Sokoliman. foto: doc. Disbud.

KARANGMOJO, (KH),– Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul tahun ini akan melakukan revitalisasi Situs Sokoliman. Revitalisasi tersebut bertujuan untuk menguatkan kembali nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Situs Megalitikum tersebut.

Kepala Bidang Pelestarian Warisan dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan Gunungkidul, Agus Mantara mengatakan, bangunan-bangunan yang tidak selaras dengan nilai-nilai budaya akan dihilangkan.

“Situs ini akan kita pugar untuk ditata ulang,” demikian keterangan dari Agus Mantara terkait rencana revitalisasi Situs Sokoliman, Jum’at, (15/3/2019).

Kepala seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Dinas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul, Ir. Winarsih menambahkan, bahwa akan ada penghilangan sejumlah objek buatan di situs Sokoliman.

“Arca menhir artificial dan pagar buatan yang menyerupai menhir akan kita hilangkan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2016 lalu, Dinas Kebudayaan Gunungkidul telah melakukan pekerjaan pemeliharaan penampungan artefak Situs Sokoliman. Dalam realisasi pekerjaan yang menghabiskan dana Rp. 655.000.000 tersebut selain dibangun gazebo, pagar, jogging track, juga dibuat menhir tiruan dari semen. Lantas tahun ini, menhir artificial atau buatan tersebut akan dihilangkan.

“Penghilangan objek tersebut berfungsi agar nilai budaya yang terkandung di dalam situs Sokoliman tidak kabur,” tandas Winarsih lagi.

Baca Juga: Manusia Pertama di DIY Ternyata Berasal dari Gunungkidul

 

Tahun ini, rencana pemugaran Situs ini akan dianggarkan melalui dana Keistimewaan DIY senilai Rp 600.000.000. Apabila dalam pelaksanaannya masih ada aspek yang belum tersentuh, maka pada tahun selanjutnya akan direncanakan pemugaran tahap II.

Komentar

Komentar