Sentra Industri Ini Mengubah Serat Nanas Menjadi Tali Dadung

oleh
Pengrajin tali berbahan serat nanas di Selang V, Wonosari. KH/ Edo
Pengrajin tali berbahan serat nanas di Selang V, Wonosari. KH/ Edo

WONOSARI, (KH)— Padukuhan Selang V, Desa Selang, Kecamatan Wonosari merupakan sentra industri kerajinan serat nanas. Dari bahan mentah serat nanas itulah dibuat produk berupa tali/ dadung.

Hasil kerajinannya itu sudah banyak laku di pasar lokal. Salah satu pengrajin serat nanas yang berasal dari Selang V, Sri (42) mengaku bahwa sudah berkecimpung sebagai pengrajin serat nanas sejak masih kecil.

Sri menjelaskan, bahwa rumah industrinya mendapat bahan serat nanas dari Sambipitu dan Kulonprogo. Satu kilogram bahan serat nanas dibeli seharga Rp. 25.000.

Sri mengutarakan, Ada 40 orang pengrajin kalau sedang banyak pesanan, sehari bisa membuat 50 lebih tali dadung berbahan serat nanas ini, akan tetapi jika sedang sepi hanya 3 orang pengrajin saja.

Awalnya, pengrajin belajar membuat kerajinan secara otodidak, lantas secara turun temurun ketrampilan tersebut ditularkan.

Untuk pemasaran hingga saat ini masih sebatas pasar lokal saja, pasalnya belum ada kerjasama dengan pihak lain. Sementara mengenai harga produknya dijual dengan harga mulai dari Rp. 1.000 sampai Rp. 4.000.

“Harapannya semoga jumlah produksi meningkat dibanding tahun kemarin, semoga hasil kerajinan ini juga dapat merambah ke luar kota,” harap Sri. (Edo)

Komentar

Komentar