Sembari Kerja Dan Kuliah, Perantau Gunungkidul Ini Bikin Kado Cantik

oleh
Suprabowo dan hasil karyanya. KH.
Suprabowo dan hasil karyanya. KH.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Suprabowo, pemuda kelahiran 29 Agustus 1991 ini tak ingin membuang-buang waktu. Bersama istri ia tergolong pasangan muda yang kreatif. Disela bekerja dan kuliah, perantau asal Boto Lor, Botodayakan, Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini masih sempat bikin usaha sampingan.

Saat dihubungi, Sabtu, (9/2/2019), lulusan jurusan multimedia SMK N 1 Girisubo ini mengaku mulai membuat produk cindera mata atau kado berupa foto kayu sejak setahun yang lalu.

Usaha sampingan yang dijalani tersebut dilatarbelakangi selain keinginannya yang kuat untuk memiliki wirausaha, juga merupakan penyaluran hobi yang dimiliki.

Dipaparkan, mulanya dari hobi desain grafis, ia mencoba mencari inovasi media cetak selain kertas. Maka dipilihlah media cetaknya berupa papan kayu jati Belanda.

“Produk foto di papan kayu dan foto kayu sekaligus ada jamnya dibanderol mulai Rp. 65 ribuan sampai Rp. 400 ribuan,” terang mahasiswa STIE Bisnis Kebayoran Jakarta ini.

Bapak satu anak ini menjelaskan, karya tersebut dibuat pertama-tama dengan mendesain gambar, lalu mencetaknya. Kemudian mentransfer gambar di kertas yang sudah dicetak dengan cairan khusus di papan kayu dengan tehnik khusus.

Perantau sejak 2017 yang kini tinggal di Cipadu Jaya, Larangan, Tangerang ini mengaku hasil yang didapat dinilai cukup lumayan. Penghasilan bisa untuk tambahan pemasukan di luar pekerjaannya di sebuah perusahaan otomotif.

Bekerja, kuliah dan mengelola usaha membuat rutinitasnya cukup padat. Pagi ia bekerja mulai dari jam 8.00 WIB sampai jam 16.00 WIB sore. Kemudian pukul 18.00 WIB  sampai pukul 20.00 WIB malam dirinya kuliah.

Baca Juga: Seni Lukis Kapur Dari Gunungkidul Merambah Ke Luar Pulau

“Setelah tiba di rumah jam 20.30 WIB saya mulai bikin desain pesanan foto. Untuk papan kayu saya bekerjasama dengan tukang kayu di sekitar tempat tinggal saya,” sambung Suprabowo.

Lantas untuk untuk finishing ia di bantu saudara dan istri. Karya Suparabowo diminati konsumen di seputaran Jabodetabek. Pesanan rata-rata 30-an produk mampu ia buat tiap bulan. Setidaknya pendapatan Rp 3 hingga 4 jutaan ia peroleh dari usaha sampingan tersebut. (Kandar)

Komentar

Komentar