Sekolah SMA/ SMK Gunungkidul Siap Hadapi UN

oleh
Siswa mengikuti Ujian Nasional. KH
Siswa mengikuti Ujian Nasional. KH

WONOSARI, (KH) — Pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMA/SMK/MA yang akan dilaksanakan pada 4 April mendatang, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul memastikan seluruh SMA/SMK/MA telah siap menghadapi UNBK maupun UN secara tertulis, baik perangkat maupun pesertanya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Sukito menyatakan, pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan sekolah – sekolah yang akan menjadi peserta UNBK maupun UN secara tertulis pada 04 April besok.

“Semua elemen sekolah baik peserta UNBK, peserta UN tertulis, guru, pengawas, maupun ketersediaan perangkat komputer dan jaringan internet sudah dipastikan siap,” Jelasnya, Selasa, (22/3/2016). Jumlah sekolah menengah di Gunungkidul yang nanti akan mengikuti UNBK berjumlah 34 sekolah diantaranya 29 SMK, 5 SMA dan 1 MAN.

Sukito menjelaskan, bahwa sekolah yang mengadakan UNBK memang belum merata di 18 Kecamatan yang ada di Gunungkidul, terkecuali SMK. Untuk SMK, sudah mewakili masing-masing kecamatan, sedangkan untuk SMA dan MA memang belum merata. Untuk SMA yang sudah menerapkan UNBK yakni SMA N 1 Wonosari, SMA N 2 Wonosari, SMA 2 Playen, SMA Karangmojo, SMA Pembangunan, dan MAN Wonosari.

Sukito berharap sekolah yang menjalankan UNBK tahun ini dapat memberikan hasil yang memuaskan lalu bisa menjadi percontohan bagi sekolah lain, sehingga pada tahun 2017 mendatang dapat melaksanakan UNBK secara merata diseluruh SMA/SMK/MA di Gunungkidul.

Lebih lanjut, Sukito mengungkapkan jika sistem UNBK justru lebih efisien dan mudah dari sisi pengawasan tentunya tidak akan terjadi kasus kebocoran atau penggandaan soal karena sistemnya terpusat di satu jaringan, hanya saja masih ada beberapa hal yang kerap menjadi kendala yakni masalah jaringan dan listrik, oleh karena itu menjelang UNBK pihaknya berkoordinasi dengan seluruh sekolah untuk mematangkan persiapan.

“Semoga pelaksanaan UN terulis dan UNBK tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan baik agar ditahun 2017 mendatang bisa melaksanakan UNBK secara serentak,” Pungkasnya. (Edo)

Komentar

Komentar