SDN Bendung II Maju Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional

oleh
Koordinasi antara dewan guru dan komite sekolah SDN Bendung 2 dalam jelang lomba sekolah Adiwiyata tingkat nasional. KH/ WAP.

SEMIN, (KH),– Bahu membahu antara komite dan dewan guru menjadi modal SDN Bendung 2 maju dalam lomba sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Menyambut lomba, sinergi keduanya cukup baik.

Kepala Sekolah SDN Bendung 2, Sumadi S.Pd beberapa waktu lalu menyatakan, koordinasi terjalin intens antara pihak sekolah dan komite. Upaya kesiapannya menjelang lomba yang dilaksanakan beberapa waktu mendatang dinilai telah maksimal.

Dikisahkan, kondisi awal mula SDN Bendung 2 sebelum menjadi peserta lomba sekolah Adiwiyata merupakan sekolah yang biasa-biasa saja.

“Awalnya kita tong sampah aja ngak punya, namun kami bersama-sama membenahi dan menata sekolah dengan serius,” ujarnya.

Hasil dari penataan yang dilakukan membuat SDN Bendung 2 dipilih untuk mengikuti lomba sekolah sehat. Hasilnya juara 1 di tingkat kabupaten diraih. Prestasi tersebut berlanjut hingga tingkat provinsi. Dari perolehan nilai yang memuaskan SDN Bendung 2 kemudian mewakili DIY maju lomba sekolah Adiwiyata di tingkat Nasional.

“Program Adiwiyata oleh kementerian lingkungan hidup dan kehutanan ini agar lembaga pendidikan dapat menciptakan sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih, serta indah,” jelas Sumadi.

Lebih jauh disampaikan, program Adiwiyata meliputi kegiatan pembinaan, penilaian dan pemberian penghargaan Adiwiyata kepada sekolah berpedoman pada peraturan menteri lingkungan hidup nomor 5 tahun 2013.

Dalam menghadapi lomba pihaknya mendapat dukungan penuh dari komite sekolah. Ketua komite SDN Bendung 2, Kusnan S.E berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat baik di Gunungkidul pada khususnya dan masyarakat Yogyakarta pada umumnya. Menurutnya, peran aktif masyarakat, sekaligus Pemkab Gunungkidul serta Pemprov DIY dapat mengantarkan sekolah yang berada di Dusun Garotan, Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunungkidul ini memperoleh hasil terbaik.

“Lomba kali ini kami maju tingkat nasional, kami mohon dukungannya,” pinta dia. (WAP)

Komentar

Komentar