Satu Dasa Warsa PKH: Badingah Ajak Masyarakat Makin Berdaya

oleh
Bupati Badingah sempat mengunjungi keluarga penerima manfaat PKH di Desa Melikan Rongkop. KH/Kandar.

RONGKOP, (KH),- Bupati Badingah mengajak seluruh anggota masyarakat penerima manfaat Program Keluarga Harapan (Program Keluarga Harapan) untuk makin berdaya, makin mandiri, dan mampu memutus rantai kemiskinan. Demikian penegasan yang disampaikan Badingah saat menghadiri puncak peringatan Satu Dasa Warsa PKH (Program Keluarga Harapan) di Padukuhan Kembang Desa Melikan Rongkop pada Rabu (9/5/2018) lalu.

PKH merupakan program pemberdayaan masyarakat dari Kementerian Sosial sejak 10 tahun lalu. Program ini menyasar anggota masyarakat pra-sejahtera. Pelaksanaan program pemberdayaan PKH sangat menyeluruh. Anggota masyarakat penerima manfaat program tidak sekadar pasif menerima bantuan uang tunai atau bantuan aneka barang atau peralatan dari pemerintah.

Pemerintah juga menugaskan fasilitator atau pendamping yang bekerja penuh waktu untuk mendampingi para peserta PKH melalui kelompok dampingan. Setiap anggota masyarakat peserta PKH wajib mengikuti pertemuan pembinaan rutin yang dipimpin oleh para pendamping PKH di masing-masing kelompok per desa atau beberapa dusun. Bantuan tunai atau fasilitas tidak diberikan apabila peserta malas-malasan mengikuti kegiatan pembinaan per kelompok.

Menyambut 1 dasa warsa PKH tersebut, para pendamping PKH se-Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan peringatan program PKH secara swadaya. Tri Wibowo, koordinator pendamping PKH mengungkapkan, “Teman-teman secara sukarela menyisihkan honornya untuk dapat menggelar bakti sosial yang dipusatkan dan menyasar Dusun Kembang Desa Melikan Kecamatan Rongkop.

Selain menggelar edukasi berbagai topik kepada keluarga peserta PKH, Tri Wibowo juga menjelaskan, para pendamping PKH juga melakukan bakti sosial berupa pembuatan jamban sehat sederhana untuk 15 keluarga, pengecatan masjid, lantainisasi 5 rumah, dan pembuatan penerangan jalan sebanyak 15 titik lampu.

Bupati Gunungkidul Badingah secara khusus juga menghadiri peringatan 1 dasa warsa PKH ini. Badingah sempat pula menengok salah satu keluarga penerima manfaat program yang mendapat kejutan hadiah dari para pendamping PKH berupa lantainisasi rumah.

Dalam sambutannya, Badingah menyatakan, sudah 10 tahun Program Keluarga Harapan dilaksanakan sebagai program unggulan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta menekan angka kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan. Ia mengajak para peserta bersyukur, karena program ini mampu mendatangkan beragam dampak yang positif bagi masyarakat dan keluarga-keluarga penerima manfaat.

Dampak PKH yang patut disyukuri menurut Badingah adalah tumbuhnya partisipasi anak-anak pada layanan pendidikan, kesehatan, peningkatan kondisi sosial ekonomi, gizi dan kesehatan ibu hamil dan balita. Menurutnya, hal ini merupakan contoh-contoh riil kemanfaatan Program PKH yang telah berjalan selama ini.

Badingah juga menegaskan, peserta PKH yang berusia lanjut maupun penyandang disabilitas juga telah merasakan manfaat program ini, sehingga mengurangi beban konsumsi sehari-hari yang harus ditanggung oleh keluarga. Ia juga mengajak agar semua pihak mengapresiasi pemikiran jangka panjang yang mendasari program PKH. Menurutnya, prinsip berkelanjutan PKH yaitu berupaya memutus mata rantai kemiskinan melalui investasi pendidikan, karena akses pendidikan yang layak adalah cara yang paling tepat dalam meningkatkan kualitas SDM generasi penerus.

Dalam kesemampatan tersebut, Badingah juga mengungkapkan rasa bangga dan menyampaikan apresiasi kepada para pendamping PKH yang telah melaksanakan tugas pendampingan kelompok dengan tulus dan penuh kesungguhan.

“Para pendamping┬átelah mengabdi dan melayani warga dengan tulus dan penuh keikhlasan. Dengan kerja keras dan komitmen penuh, para pihak terkait telah turut memperlancar proses penyaluran bantuan PKH sehingga dapat dimanfaatkan tepat waktu oleh Keluarga Penerima Manfaat,” ungkap Badingah.

“Pada puncak Peringatan Satu Dasawarsa PKH Kabupaten Gunungkidul saat ini, saya bangga bahwa sudah banyak Keluarga Penerima Manfaat yang semakin tangguh dan berdaya, dalam meningkatkan kualitas hidup dan sosial ekonominya. Saya juga mengapresiasi bahwa rangkaian kegiatan Peringatan Satu Dasawarsa PKH Gunungkidul saat ini, dilakukan dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang bertujuan mulia dan luhur,” tegas Badingah mengakhiri sambutannya. (Kandar).