Sanggar Seni RnB Gelar Peragaan Busana & Pameran Fashion Carnival Titian Rawikara 2018

oleh
Sanggar Seni RnB akan menggelar Peragaan Busana & Pameran Fashion Carnival Titian Rawikara 2018. KH

WONOSARI, (KH),– Paguyuban karnaval Sanggar Seni RnB bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY menggelar Peragaan Busana & Pameran Fashion Carnival Titian Rawikara 2018. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara peringatan hari jadi Kabupaten Gunungkidul ke-187.

Ketua Paguyuban, Ria Silviani S.Pd mengatakan, semua karya fashion carnival yang akan ditampilkan ini mengusung tema “Pesona Dhaksinarga Bhumikarta”. Dari sekian banyak kostum yang akan ditampilkan nantinya terdapat 5 kostum yang mengangkat kearifan lokal  Gunungkidul.

Ria sebutkan, kostum tersebut diantaranya kostum burung walet. Seperti diketahui burung Walet sebagai satwa lokal saat ini keberadaannya semakin sulit ditemukan. Kostum lain berupa gapura Lar Badak (gapura khas Gunungkidul). Gapura Lar Badak akan ditampilkan melalui busana fashion carnival.

Kostum lain bertema tarian Tayub. Tayub merupakan salah satu kesenian dari Gunungkidul. kostum Tumpeng, yang merepresentasikan sajian saat digelarnya berbagai tradisi masyarakat. Kemudian kostum Gunung dan Laut, dimana dua wujud alam tersebut merupakan ikon pariwisata di Gunungkidul.

“Semua kostum tersebut  menggunakan kain batik motif walang. Motif batik khas Kabupaten Gunungkidul. Hal ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan batik khas Gunungkidul kepada masyarakat luas,” tuturnya, Rabu, (18/4/2018).

Sementara itu, belasan fashion lainnya merupakan koleksi fashion terbaik Paguyuban Karnaval Sanggar Seni RnB yang pernah memenangkan piala di berbagai event fashion karnaval. Seperti juara 1 Bantul Fashion Street 2017 dan kostum yang meraih juara 2 Jogja Fashion Week 2017.

Ria Silviani menambahkan, Pembukaan acara pameran dan peragaan busana Fashion Carnival dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 pukul 19.30 WIB. Pada pembukaan diperagakan fashion carnival koleksi Paguyuban Karnaval Sanggar Seni RnB. Dimeriahkan pula dengan tarian pembuka oleh S.S.RnB Dance Squad serta Gudel dan Tia sebagai MC. Pada hari ke dua atau tepatnya tanggal 6 Mei akan dimeriahkan dengan Pentas Seni Sanggar Seni Rawikara Nari Bahuwarna pada pukul 15.00 WIB.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan kearifan lokal di Gunungkidul yang di balut dalam kreasi Busana Fashion carnival,” terangnya. Acara yang digelar di GK steak (Gk square)/ samping GOR Siyono, Playen, Gunungkidul tersebut akan dibuka langsung oleh Bupati Gunungkidul, Hj Badingah S.Sos.

Kegiatan pameran yang berlangsung hingga 12 Mei 2018 tersebut juga akan dihadiri pula oleh tokoh kebudayaan serta pegiat seni di Gunungkidul. (Kandar)