Sanggar Seni RnB Bakal Gelar Pentas Seni Titian Rawikara 2017

Siswa Sanggar Seni RnB yang akan tampil pada Pentas Seni Titian Rawikara 2017.

WONOSARI, (KH),– Sanggar Seni Rawikara Nari Bahuwarna (RnB) akan menyelenggarakan pentas seni Titian Rawikara 2017 pada Minggu, 21 Mei 2017 mendatang. Kegiatan yang rencananya berlangsung di Ndalem Bagongan kompleks homestay BeGe, jln Dewandaru, Madusari, Wonosari ini dimaksudkan untuk menunjukkan hasil belajar siswa sanggar seni RnB selama 6 bulan terakhir.

Pendiri Sanggar Seni RnB, Ria Silviani,S.Pd, mengatakan selain sebagai pertunjukan hasil belajar, pentas juga dimaksudkan untuk melatih mental siswa agar percaya diri tampil di hadapan umum.

“Siswa yang tampil mulai dari anak-anak, remaja, bahkan dewasa, dengan jumlah 60 siswa yang aktif pada semester ini,” terang Ria Silviani, Kamis, (18/5/2017).

Lanjut Ria, bidang seni yang ditampilkan sesuai dengan yang mereka pelajari selama ini antara lain tari kreasi baru, tari tradisional, modern dance / tari kontemporer, dan teater. Pentas seni juga sebagai “anak tangga” menuju tingkat selanjutnya di Sanggar Seni RnB.

Lebih jauh disampaikan, Titian Rawikara mengandung makna “langkah menuju berkas sinar matahari”, yang dapat menjadi simbol bahwa 60 siswa yang tampil akan  memperoleh penilaian dari Tim Penguji yaitu Ria Silviani,S.Pd. , Ayu Pratiwi, S.Sn., dan Heni Nugraheni, S.Pd. sebagai langkah untuk naik ke tingkat yang lebih baik.

Sebelumnya, sanggar seni RnB telah mengadakan acara serupa sejak tahun 2013 lalu, kegiatan pertama kali tersebut bertajuk “aRtnB Festival”. Kemudian di tahun 2015 bertajuk “Serumpun Nyeni” kemudian tahun ini “Titian Rawikara 2017”.

Rencananya acara akan dibuka oleh Ketua Dewan Kebudayaan kabupaten Gunungkidul, CB. Supriyanto. Dimeriahkan pula oleh group Reog Turonggo Jati Beji Ngawen, Komunitas Teater Mishbah UNY, komunitas Teater JAB UAD, kelompok karawitan Sumekar dari SMKI Jogja, Sanggar Tari Sekar Kinasih Budegan, dan Sono Seni Swastiastuti Playen.

Di area pertunjukan juga akan dibuka stand Batik Selo Siratu binaan Sanggar Seni RnB. Selain melatih mental siswa, pentas seni ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan silaturahmi antar komunitas seni dan sanggar-sanggar lain sehingga terjalin kerjasama yang baik. Diinformasikan, acara ini terbuka untuk umum dan gratis. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar