Sabet Juara 1 KSM DIY, Ishmet Harumkan MTs Darul Quran

oleh
Ishmet Muhibb Muhammad (dua dari kiri) Siswa MTs Darul Quran, Wonosari, Gunungkidul. foto: ist.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Siswa MTs Darul Quran, Wonosari, Gunungkidul, Ishmet Muhibb Muhammad berhasil menjuarai Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2019 untuk mata pelajaran IPS Terpadu Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta pada kamis, (15/8) di MAN 3 Bantul.

Putra dari pasangan KH. A. Kharis Masduki dan Hj. Wardah Nawawi tersebut sebelumnya telah meraih Juara I KSM dalam bidang yang sama untuk tingkat Kabupaten Gunungkidul, sehingga ia mewakili kabupaten untuk maju ke tingkat DIY.

Dengan prestasi yang diraih, siswa yang akrab dipanggil Ishmet tersebut mengaku sangat senang. Tidak hanya trophy dan uang pembinaan yang ia peroleh, melainkan juga pengalaman yang begitu berharga.

Sebagaimana diketahui, Ishmet sejak kecil telah berhasil mengkhatamkan hafalan al-Quran 30 juz dalam waktu 3 tahun. Pada saat itu ia baru duduk di kelas 3 MI Yanbu’ul Quran Kudus. Ia juga telah menyelesaikan hafalan kitab ‘Imrithi. Sedangkan saat ini ia sedang menghafal kitab Alfiyah ibnu Malik.

Adapun prestasi lain yang pernah ia raih adalah juara 2 lomba Cerdas Cermat Diniyah (CCD) PORSADIN tingkat Nasional tahun 2017, juara 1 Cerdas Cermat Aswaja tingkat DIY tahun 2017 dan juara 1 pidato Bahasa Arab tingkat DIY tahun 2018.

Saat ditanya apa resep rahasia yang memotivasi dirinya sejauh ini, Ishmet menegaskan sependapat dengan ungkapan bahwa di mana ada kemauan di situ ada jalan.

Menurutnya, apabila mencita-citakan sesuatu, wajib bagi siapapun untuk memperjuangkannya. Harus berani berkorban, serta punya keinginan kuat. Baginya, kesuksesan tanpa adanya susah payah merupakan kebohongan.

Setelah menjuarai KSM DIY, Ishmet akan maju di KSM tingkat nasional. “Bersiap mengikuti KSM yang akan digelar di Manado, Sulawesi Selatan pada bulan September mendatang,” kata dia. (Kandar).

Komentar

Komentar