RM Sepanjang Indah, Sediakan Menu Sea Food Murah Serta Nikmat Di Lidah

Macam menu di RM Sepanjang Indah di kawasan Pantai Sepanjang, Tanjungsari, Gunungkidul. KH/ Kandar.

TANJUNGSARI, (KH),– Amenitas atau fasilitas di luar akomodasi yang dapat dimanfaatkan wisatawan selama berwisata di suatu destinasi di Gunungkidul semakin berkembang. Amenitas disediakan baik oleh pemerintah daerah, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) serta pihak swasta. Keberadaannya menjadikan destinasi wisata di Gunungkidul semakin komplit.

Salah satu amenitas yang mengalami perkembangan menonjol yakni berupa rumah makan. Adanya resto atau rumah makan di kawasan pantai membuat wisatawan semakin betah serta mampu memberikan kesan mendalam dari sebuah perjalanan wisata.

Seperti di Pantai Sepanjang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, tidak jauh dari bibir pantai terdapat Rumah Makan ‘Sepanjang Indah’. Rumah makan ini menjadi yang terbesar di Pantai Sepanjang. Menu yang disediakan cukup lengkap dengan harga cukup terjangkau, bahkan terbilang murah.

Dengan harga yang cukup bersahabat, RM Sepanjang Indah selalu menjaga cita rasa dari tiap menu yang dihidangkan tetap berkelas. Ditemui beberapa waktu lalu, pendiri RM Sepanjang Indah, Sutono menuturkan, RM Sepanjang Indah didirikan pada tahun 2014 lalu.

“Selain menangkap peluang dari kunjungan wisatawan yang semakin ramai, sebagai warga lokal kami juga mendukung terciptanya program sapta pesona,” ujar Sutono.

Rumah makan yang ia buka selain cocok bagi rombongan keluarga kecil juga mumpuni untuk menampung tamu rombongan dalam jumlah banyak. Area yang luas juga memungkinkan untuk kegiatan pertemuan komunitas atau instansi pemerintahan. Daya tampung yang disediakan sebanyak 800 kursi yang terbagi menjadi dua lokal, di bagian atas dan bawah.

Disebutkan, macam-macam pilihan menu sea food yang tersedia diantaranya; ikan laut bakar dan goreng, cumi goreng, olahan udang lobster dan kepiting, sop ikan, serta menu pelengkap lainnya.

“Cukup murah, harga paket mulai Rp. 16 ribu sudah memperoleh nasi, ikan/ayam goreng, ca kangkung, sambal, lalapan, dan teh manis. Harga akan bertambah sesuai permintaan menu yang lain,” tambah Sutono.

Pengunjung RM Sepanjang Indah dari Muspika Kecamatan Tanjungsari berfoto di pintu masuk rumah makan. KH/ Kandar.

Menurutnya, sop ikan kakap menjadi menu paling laris yang diminta konsumen. Disusul masakan lobster dan cumi goreng. Untuk melayani konsumen RM Sepanjang Indah selalu buka setiap harinya. Meski memang kunjungan akan ramai saat hari libur saja. Jumlah kunjungan rata-rata dalam satu minggu mencapai 700-an pengunjung. Dari jumlah kunjungan tersebut diperoleh pendapatan kotor sekitar Rp. 10-an juta per minggu.

Ditanya terkait upaya promosi usahanya tersebut, Sutono menyebutkan, selain informasi yang menyebar dari mulut ke mulut, dirinya juga memanfaatkan jejaring biro penyedia jasa perjalanan wisata dari berbagai kota. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar