Ratusan Ribu Wisatawan Kunjungi Gunungkidul, Retribusi Masuk Rp. 800 Juta

oleh
Kunjungan wisatawan di Pantai Nguyahan, Gunungkidul. foto: ist.

GUNUNGKIDUL, (KH),– Libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Gunungkidul diserbu wisatawan. Sejumlah destinasi wisata utamanya pantai telah dipadati pengunjung sejak H+2.

Dinas Pariwisata mencatat, hingga, Jum’at, (7/6/2019) kemarin, berdasar rekap data jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata berretribusi terdapat 105.551 pengunjung.

Dari jumlah tersebut sebagian besar atau lebih dari 80% wisatawan berkunjung ke destinasi wisata pantai. Sisanya wisatawan mengunjungi destinasi non pantai diantaranya; Gua Pindul, Gua Cerme, Gunung Gambar, Green Village, Gunung Gentong, Sri Gethuk dan Nglanggeran.

Adapun Hari Jum’at kemarin merupakan hari dengan jumlah kunjungan terbanyak dari pada Hari Rabu, dan Kamis sebelumnya. Tercatat 49.899 pengunjung berwisata di Hari Jum’at. Sedangkan pada hari Rabu ada 11.315 pengunjung. Sementara pada Kamis terdapat 44.337 pengunjung.

Dari jumlah kunjungan yang mencapai ratusan ribu itu, diperoleh pemasukan retribusi mencapai Rp. 817.158.000.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti, berharap, libur lebaran tahun ini wisatawan yang berkunjung dapat dengan nyaman menikmati libur lebaran di seluruh destinasi yang ada di Gunungkidul.

Di sisi lain masyarakat dan para pelaku jasa usaha wisata diklaim cukup siap menyambut para tamu dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Sehingga tamu makin terkesan dan akan melakukan kunjungan ulang ke Gunungkidul.

“Pemerintah Daerah melalui Dinas Pariwisata menargetkan jumlah kunjungan sebanyak 172 ribu wisatawan, dengan kisaran total pendapatan mencapai Rp. 1,3 miliar,” ungkap Asti. (Kandar)

Komentar

Komentar