Ratusan Pesepeda Tempuh 104 Kilometer Nikmati Keunikan Gunung Sewu

oleh
Peserta Tour de Gunungsewu 2019 mengambil start. KH

WONOSARI, (KH),– Dalam rangka promosi wisata dan Gunung Sewu Unesco Global Geopark (GSUGG) sekaligus mengembangkan olahraga bersepeda, Dinas Pariwisata Gunungkidul menyelenggarakan event Tour de Gunungsewu 2019.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Ir. Asti Wijayanti, MA., mengatakan, kegiatan yang digelar juga untuk menarik minat para penghobi sepeda di seputar Yogyakarta hinga dalam cakupan nasional untuk menikmati keindahan dan keunikan Gunung Sewu.

“Rute yang ditempuh berjarak 104 kilometer mengeksplorasi keindahan dan keunikan alam Gunungkidul mulai dari alam pedesaan, kawasan pemukiman, areal hutan jati, kawasan pegunungan karst serta menikmati keindahan pantai Gunungkidul,” papar dia, Sabtu, (31/8/2019) disela menyaksikan peserta mengambil start di kompleks Alun-alun Pemda Gunungkidul.

Dijelaskan, peserta akan merasakan sensasi jalur yang tidak akan dijumpai di daerah lain. Melintas di kawasan karst peserta disuguhi tanjakan dan turunan yang akan memicu adrenalin. Selain itu keindahan pantai selatan mulai dari Pantai Baron sampai Pulangsawal akan tersaji di sebelah kanan peserta.

Event Tour de Gunungsewu yang pertama ini akan setidaknya diikuti oleh 210 peserta. 60 persen diantaranya berasal dari luar kota Yogyakarta seperti Semarang, Bogor, Jakarta, Bandung, Pemalang, Surabaya bahkan ada yang dari luar pulau Jawa.

Selain mendapat jersey kualitas premium dengan desain dan motif walang khas Gunungkidul, peserta juga akan mendapatkan medali finisher, bike-tag, konsumsi serta doorprize menaik dari sponsor.

“Di titik pemberhentian/pitstop di Balai Desa Planjan dan Balai Desa Giripanggung peserta akan menikmati hiburan kesenian khas Gunungkidul, serta disediakan pula beberapa titik spot photobooth di pinggir pantai Drini dan Pulangsawal,” imbuh Asti.

Mewarnai event juga akan dihimpun sumbangan sukarela/charity dari para peserta yang akan diwujudkan bantuan air bersih di kecamatan Tepus dan Kecamatan Girisubo serta bantuan alat tulis kepada sekolah di daerah Saptosari dan Tepus. Penyerahan bantuan secara simbolis akan dilakukan di pitstop terakhir di Balai Desa Giripanggung. (Kandar)

Komentar

Komentar