Raharjo: Waspadai Hama Wereng Dan Tikus Akibat Intensitas Hujan Tinggi

oleh
Seorang petani di Wonosari menyemprot tanaman mengatasi hama tanaman padi. KH/ Kandar.

WONOSARI, (KH),– Pada musim hujan dengan intensitas tinggi hama tanaman jenis wereng dan tikus berpotensi muncul dan merusak tanaman petani. Untuk itu Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul menghimbau kepada petani untuk mewaspadainya.

Seperti yang disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, Raharjo Yuwono, Senin kemarin, bahwa intensitas hujan yang tinggi akan berpengaruh terhadap tanaman padi petani.

“Hujan yang memicu kelembaban akan mendukung munculnya hama seperti wereng dan tikus,” tuturnya.

Pihaknya mengakui, saat ini memang belum ada laporan yang masuk adanya hama wereng dan tikus yang merusak tanaman petani. Namun pihaknya tetap menghimbau para petani untuk terus waspada.

“Petani dimohon untuk menjaga sanitasi dan kebersihan lahan. Sanitasi dibuat dengan tujuan untuk menyalurkan air ke luar lahan agar tanaman tidak tergenang air terlalu banyak,” kata Raharjo menyarankan.

Hal lain yang dapat dilakukan petani untuk mengantisipasinya yakni dengan memperhatikan kebersihan rumput dan sampah agar tidak digunakan untuk berkembang biak tikus. (Wibowo)