Ragam Kegiatan Bulan Ramadhan, Masjid Agung Gelar Lomba Piala Bupati

Salah satu kegiatan keagamaan di Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari. KH
Salah satu kegiatan keagamaan di Masjid Agung Al-Ikhlas Wonosari. KH

WONOSARI, (KH)— Bagi umat Islam, momentum Bulan Suci Ramadhan tentu akan dimanfaatkan sebaik mungkin dengan berbagai kegiatan dan amalan untuk lebih memupuk keyakinan dan meningkatkan ketaqwaan.

Biasanya dimasjid-masjid atau pondok terdapat serangkaian kegiatan yang ditujukan sebagai pengisi bulan penuh rahmat ini. salah satunya seperti yang telah diagendakan oleh Panitia Kegiatan Bulan Ramadhan (PKBR) Masjid Agung Al Ikhlas, Wonosari.

Dipaparkan oleh Ketua PKBR Danang Istiaji, selain kegiatan secara umum seperti di masjid-masjid lain, pihaknya mengagendakan beberapa kegiatan lomba. “Selain buka bersama, tadarus sehabis Tarawih dan Subuh ada kegiatan Seminar Dai Muda, acara yang dijadwalkan tanggal 12 Juni ini akan diikuti peserta jenjang SMP-SMA se Gunungkidul,” ujarnya. Pendaftarannya, sebut dia, dimulai dari Kamis, 9 Juni hingga Sabtu, (11/6/16) depan.

Kegiatan lainnya, pada minggu ke dua tepatnya 19 Juni nanti akan digelar Gunungkidul Mengaji yang mendatangkan tokoh Amien Rais. Lantas, pada Festival Nuzulul Qur’an akan digelar puluhan jenis lomba yang akan diikuti TPA/ TPQ se Gunungkidul.

Pada pelaksanaan Nuzulul Qur’an terdapat puluhan lomba dengan hadiah trophy bergilir dari Bupati Gunungkidul, Ketua DPRD dan Takmir Masjid serta piagam dan uang pembinaan.  Proses pendaftaran akan ditunggu panitia dari tanggal 17-20 Juni, sedangkan pelaksanaannya pada tanggal 26 Juni 2016.

“Ada Panggung anak sholeh, mewarnai gambar, hafalan surat, baca puisi, praktek shalat fardhu dan jenazah, mendongeng, pildacil, fotografi dan lainnya. Pada tahun ini ada lomba kategori baru, yakni membuat blog atau website dari masing-masing TPA atau Masjid,” rinci Aji.

Masih dalam hal pengisi Bulan Ramadhan, PKBR masjid terbesar di Gunungkidul ini berencana menerbitkan Buklet Ramadhan. Buklet akan dibagi ke jamaah masjid dan para donatur. Menambah kelengkapan ibadah, dilaksanakan pula i’ktikaf pada 10 hari terakhir di masjid setempat. (Kandar)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar