Puskesmas Nglipar I Maju Penilaian Puskesmas Berprestasi Tingkat Provinsi

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Kegiatan penyambutan penilaian puskesmas berprestasi tingkat DIY di Puskesmas I Nglipar. KH

NGLIPAR, (KH),– Menjadi  unsur upaya Pemerintah dalam pembangunan bidang kesehatan yakni dengan melaksanakan pelayanan kesehatan dasar melalui Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Keberhasilan pelayanan kesehatan di FKTP memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dalam rangka memperbaiki dan berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat, diadakan kompetisi atau penilaian terhadap lembaga FKTP yakni Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Penilaian Puskesmas juga menjadi elemen pembangunan kesehatan. Dimana pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan untuk hidup bersih dan sehat bagi setiap warga negara.

Puskesmas I Nglipar, Gunungkidul, tahun ini menjadi wakil Gunungkidul untuk mengikuti penilaian Puskesmas berprestasi di tingkat provinsi. Puskesmas I Nglipar dianggap mempunyai indikator pelayanan yang baik sehingga diajukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk mengikuti kompetisi.

Turut hadir menyambut Tim Penilai Puskesmas Berprestasi tingkat Provinsi DIY di Puskesmas Nglipar I, Selasa (23/05), Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gunungkidul, Ir. Drajad Ruswandono, M.T, didampingi Plt. Kepala Dinas Kesehatan, Sudjoko, S.Sos., M.Si., beserta jajaran, Camat Nglipar, Drs. Witanto, beserta unsur Muspika, dan tamu undangan.

Dalam sambutan yang dibacakan Sekda, Bupati mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai tingkat Provinsi DIY. Disampaikan pula bahwa untuk memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas, perlu dilakukan berbagai terobosan, diantaranya penilaian dan pemberian penghargaan kepada Puskesmas ataupun penyedia layanan kesehatan lainnya.

“Pemda berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif dalam meningkatkan peran dan keteladanan bagi aparatur pelayanan di bidang kesehatan  khususnya di Kabupaten Gunungkidul,” harap Bupati Gunungkidul, Badingah, S. Sos.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai, drg. Hj. Inni Hikmatin., M.Kes., mengucapkan selamat kepada Puskesmas Nglipar I yang diajukan Pemerintah Daerah untuk mengikuti kompetisi Puskesmas berprestasi.

“Mari kita sama-sama melihat perkembangan mutu pelayanan di Puskesmas Nglipar I, diharapkan Puskesmas ini bisa memberikan pelayanan yang cepat akurat dan akuntabel, mengacu pada standarisasi pelayanan,” terang Inni.

Adapun aspek penilaian dalam kompetisi, diantaranya dari aspek Administrasi, Manajemen, UKP dan UKM. Kompetisi dimaksudkan bukan mencari juara semata, atau persoalan kalah dan menang.

“Tetapi sebagai momen yang tepat untuk memperbaiki upaya puskesmas dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat”, tukasnya. Untuk memberikan gambaran umum mengenai Puskesmas I Nglipar, Kepala Puskesmas, dr. Dyah Prasetyorini memaparkan profil puskesmas dihadapan tim penilai. (Kandar)

Komentar

Komentar