Pusat Rehabilitas Yakkum: Penyandang Gangguan Jiwa Dapat Sembuh Dan Pulih

oleh
Seminar nasional memperingati Hari Kesehatan Jiwa sedunia. KH

WONOSARI, (KR),– Orang Dengan Disabilitas Psikososial (ODDP) atau biasa disebut penyandang gangguan jiwa dapat pulih dan disembuhkan. Hal tersebut ditegaskan Manager Kesehatan Jiwa,  Pusat Rehabilitas Yakkum (PRY) Siswaningtyas pada acara Seminar Nasional Peringatan Hari Kesehatan Mental Dunia di Bangsal Sewakapraja, Wonosari, Rabu, (10/10/2018).

“Sehingga ODDP dapat kembali sepenuhnya ke tengah masyarakat,” tegas Siswaningtyas. Agar upaya pemulihan ODDP berhasil dilakukan, upaya yang ditempuh tidak bisa semata dilakukan lembaga kesehatan saja.

Namun, sangat membutuhkan peran serta keluarga, masyarakat dan pemerintah. Pihaknya mencontohkan, apabila ODDP kembali dari lembaga medis usai menjalani pengobatan maka keluarga dan masyarakat harus mendukung keberadaan ODDP saat berada di rumah.

Lebih jauh disampaikan, ODDP memiliki peluang yang sama untuk bergaul, berinteraksi bahkan bekerja sebagaimana masyarakat umum lainnya.

“ODDP dapat bekerja baik pada sektor formal maupun informal. Sinergi berbagai pihak diperlukan, agar ODDP bisa kembali secara penuh di masyarakat,” jelas Siswaningtyas lagi.

Sementara itu pemateri dalam Seminar tersebut, dr. Ida Rochmawati, MSc., Sp.KJ (K) menyebutkan, permasalahan yang menghambat upaya rehabilitas ODDP cukup banyak, diantaranya; Stigma, tingkat pengetahuan, regulasi kebijakan, pembiayaan, rujukan, ketersediaan obat, serta kemampuan petugas.

“Permasalahan lain yakni keberlangsungan pengobatan pasca rawat inap serta dukungan dari keluarga dan masyarakat sekitar,” jelasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar