Puncak Hari Bumi: Melahirkan Kesadaran Memelihara Kelestarian Alam

oleh
Penyerahan dana yang diterima dari PT Taspen untuk pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Hari Bumi oleh Bupati Gunungkidul, Badingah ke SMAN 2 Playen. KH/ Kandar.

PLAYEN, (KH),– Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bumi di Kabupaten Gunungkidul berakhir. Puncak kegiatan dilangsungkan, Minggu, (29/4/2018) di SMAN 2 Playen, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kesempatan tersebut, ketua panitia peringatan Hari Bumi, Mujiyono, melaporkan, atas dukungan banyak pihak rangkaian kegiatan peringatan berjalan dengan baik. Diinisiasi Dinas Lingkungan Hidup Gunungkidul bersama beberapa pihak, seperti sekolah-sekolah peraih Adiwiyata, komunitas peduli lingkungan, satuan tugas pengelola Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS)  dan tokoh masyarakat terkait secara gotong-royong telah mewujudkan kegiatan berbasis pelestarian lingkungan diberbagai tempat.

“Kegiatan yang sudah direalisasikan antara lain; Merintis gerakan tiga bulan bersih sampah dimulai di Pasar Argo Wijil Desa gari, dan di Pantai Sundak. Kegiatan bersih sungai, rekonstruksi kebun buah naga di SMAN 2Playen, penanaman pohon, pembuatan sumur resapan dan bio pori dan lain-lain,” papar Mujiyono.

Pihaknya berharap, seluruh kegiatan yang terlaksana secara nyata turut menjaga kelestarian alam. Hal lain, diharapkan juga dapat menjadi nilai tambah bagi kabupaten sehingga memperoleh penghargaan Adipura.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Gunungkidul, Badingah, S. Sos, menekankan kepada kaum muda atau pelajar agar peduli terhadap kondisi bumi, alam dan lingkungan hidup di sekitarnya. Menurutnya, tanpa rasa sayang dan rasa memiliki perilaku eksploitasi akan membawa kerusakan sehingga berdampak buruk bahkan bencana bagi manusia,

“Marilah kecintaan terhadap bumi kita lakukan dengan gerakan nyata, dari seluruh kompnen masyarakat dari anak-anak hingga dewasa,” ajak Badingah.

Wakil Bupati Gunungkidul, Immawan Wahyudi disela kegiatan puncak peringatan Hari Bumi menambahkan, momentum Hari Bumi melahirkan kesadaran dan tanggung jawab terhadap upaya memelihara kelestarian alam secara keseluruhan.

“Kegiatan melalui institusi pendidikan sangat strategis. Pelajar menjadi pelaku. Sekolah yang benar-benar banyak memberikan perhatian terhadap lingkungan memiliki resonansi yang sangat panjang bagi generasi penerus,” urainya.

Guna mendukung seluruh rangkain kegiatan peringatan Hari Bumi, PT Taspen memberikan dukungan berupa sejumlah dana. Secara simbolis dana sebesar Rp. 65.625.000 diterima oleh Bupati Gunungkidul, Badingah kemudian diserahkan kepada Kepala Sekolah SMAN 2 Playen, Fadmiyati, M.Pd. (Kandar)

Komentar

Komentar