Puluhan Tahun Menunggu, Dalang Gunungkidul Raih Predikat Terbaik Nasional

oleh
Para pemenang pada festival dalang di Jakarta. Sumber: Kemendikbud.
Para pemenang pada festival dalang di Jakarta. Sumber: Kemendikbud.
Para pemenang pada festival dalang di Jakarta. Sumber: Kemendikbud.

WONOSARI, (KH)— Meski persiapan terbilang mepet dua dalang asal Gunungkidul tetap dapat menunjukkan kehebatannya memainkan wayang di kancah nasional.

Dalam perhelatan Festival Dalang Bocah (FDB) dan Festival Dalang Muda (FDM) keduannya meraih predikat terbaik pada dua kategori berbeda.

Pelaksana teknis kebudayaan Disbudpar Gunungkidul, Purnawan Widiyatno menyebutkan, sejak puluhan tahun diadakan, DIY belum pernah sekalipun mendapat gelar, selalu saja kalah dari propinsi jawa tengah.

“Peraih juara biasanya Surakarta, Karanganyar dan sebagainya, kali ini Yogya, hebatnya lagi dari Gunungkidul,” ucapnya bangga, Senin, (22/11/2016).

Rincinya, dalang muda kategori dalang mumpuni terbaik tingkat nasional disandang Ki Gilang Thomas Kumoro, dan Ki Fajar Satriya Widayatno mendapat predikat terbaik sebagai dalang anak kategori dalang penyaji lakon terbaik tingkat nasional.

Lanjut Purnawan, kedua dalang masing mendapat piagam dan piala, serta untuk kategori dalang muda mendapat tambahan uang pembinaan senilai Rp. 5 juta.

“Selain itu masing-masing mendapat hadiah wayang dari ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) pusat, Kondang Sutrisno,” imbuhnya.

Kontingen DIY dan khususnya Gunungkidul sangat bersyukur, meski persiapan ditengah banyak agenda tetapi mampu mempersembahkan prestasi terbaik. Hasil dari pementasan yang diselenggarakan di Museum Wayang dan Museum Keramik Jakarta ini menjadi kado istimewa akhir tahun.

“Naskah harus dibuat ulang, karena saat ke tingkat nasional lakon berbeda dengan pada saat di tingkat propinsi, meski begitu kita bersyukur mampu meraih juara” tukasnya. (Kandar)

Komentar

Komentar