Program Desa Prima Dorong Pemberdayaan Perempuan Entaskan Kemiskinan

oleh
Kegiatan pertemuan Desa Prima Bejiharjo, Karangmojo. KH

KARANGMOJO, (KH)— Kelompok Desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Desa Prima) di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo terus berupaya menjalankan perannya ikut mendorong pengentasan kemiskinan.

Upaya yang ditempuh salah satunya yakni dengan peningkatan produktivitas ekonomi yang dijalankan oleh perempuan. Kelompok Desa Prima sejak dibentuk 2012 silam, terus berproses mengembangkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

“Dapat menjadi sarana untuk mengkoordinasikan berbagai program pemberdayaan perempuan dari instansi terkait dan organisasi masyarakat lainnya untuk bersama-sama meningkatkan ekonomi perempuan di Desa Bejiharjo,” terang ketua kelompok Desa Prima, Suratmi belum lama ini.

Sehingga, lanjutnya, program kegiatan pemberdayaan perempuan di Desa  Bejiharjo berjalan secara terpadu sesuai dengan potensi alam yang ada. Kelompok yang beranggotakan ibu-ibu pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ini memiliki misi agar dapat memberdayakan ibu rumah tangga serta meningkatkan akses kelompok perempuan terhadap informasi, teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan serta mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender.

Seiring semakin majunya pariwisata di Desa Bejiharjo memberikan berpengaruh pada perkembangan kelompok Desa Prima, terutama dalam hal pemasaran produk-produk kelompok. “Dengan adanya desa PRIMA diharapkan dapat mengatasi masalah yang dihadapi masyarakat terutama kaum perempuan. Kesetaraan gender dan keadilan dapat diwujudkan serta dapat pula memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan di Desa Bejiharjo,” harap Suratmi.

Sambung dia, sasaran utama program Desa Prima adalah ibu rumah tangga dari keluarga ekonomi menengah kebawah. Sehingga melalui program ini, perempuan dapat menjadi tonggak pengentasan kemiskinan khususnya bagi keluarganya.

Program kegiatan yang berjalan, papar Suratmi, ibu rumah tangga anggota Desa Prima akan mendapatkan pelatihan keterampilan dan pinjaman modal usaha. Sehingga mereka tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga saja, namun juga sebagai penyangga ekonomi keluarga bersama suami. (Kandar)

Komentar

Komentar