Polres Kedepankan Fungsi Bhabinkamtibmas Menekan Angka Bunuh Diri

oleh
Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino. KH

WONOSARI, (KH)— Menyikapi semakin tingginya kejadian bunuh diri, Polres Gunungkidul tidak tinggal diam. Melalui fungsi dan peranannya telah melakukan langkah nyata di lapangan untuk menekan angka kejadian bunuh diri.

Sebagaimana disampaikan Kasubag Humas Polres Gunungkidul, Iptu Ngadino, Polres semakin intens mengedepankan fungsi unit Pembinaan Masyarakat (Binmas) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) untuk terjun ke masyarakat melakukan upaya preventif.

“Berdasar pengkajian kejadian pada tahun-tahun sebelumnya, antara 2013, 2014 dan 2015 diperoleh kesimpulan tanda-tanda umum dari pelaku bunuh diri,” ujar Ngadino saat ditemui di ruangannya, Senin, (6/2/2017).

Diuraikan, pelaku yang berpotensi bunuh diri diantaranya; umur tua atau usia lanjut, hidup bergantung pada orang lain, hidup menyendiri atau kesepian karena ditinggal keluarganya dan depresi atau gangguan jiwa.

Sambung dia, hasil pemetaan tersebut lantas dipakai sebagai acuan Kapolres Gunungkidul, AKP Nugrah Trihadi memberikan instruksi agar Bhabinkamtibmas dan fungsi lain melakukan kunjung warga kepada mereka yang ditengarai memiliki faktor resiko dan berpotensi melakukan hal-hal negatif, atau bunuh diri.

“Diantaranya diajak berkomunikasi, ngobrol secara dekat. Kegiatan ini juga melibatkan tokoh spiritual atau agama. Sebelum Bhabinkamtibmas terjun ke masyarakat terlebih dahulu dibekali dengan pembinaan dan pelatihan dari tokoh agama,” terang Ngadino.

Tandas dia lagi, satu Bhabinkamtibmas untuk satu desa harus melaksanakan kunjung warga. selain itu pihaknya juga kerap menulis melalui media Polres, misalnya terkait bagaimana meminimalisir gantung diri. “Melalui siaran radio juga kita tempuh,” imbuhnya.

Ngadino berharap, upaya yang ditempuh dapat menekan dan mengurangi percobaan bunuh diri. Diakui awal tahun ini jumlah pelaku cukup tinggi, berdasar data tercatat sudah ada 8 pelaku yang meninggal gantung diri. (Kandar)

Komentar

Komentar