Polres Gunungkidul Siapkan 6 Pospam Menjelang Lebaran

oleh
Pospam Pasar Argosari. Foto : Atmaja
Pospam Pasar Argosari. Foto : Atmaja

WONOSARI,(KH) —  Guna menjamin kelancaran arus mudik dan balik 2015 mendatang, Polres Gunungkidul akan menyiagakan enam Pos Pengamanan (Pospam) Oprasi Ketupat 2015 mulai H-7 menjelang lebaran. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi adanya bentuk permasalahan dan tindak kriminal saat berlangsungnya arus mudik lebaran.

“Kami akan berupaya untuk mengoptimalkan pengamanan dari segala bentuk potensi permasalahan dengan memaksimalkan pengamanan di seluruh jalur mudik, maupun tempat-tempat yang menjadi titik aktivitas masyarakat selama lebaran,” ujar Kasatlantas AKP Yugi Bayu Hendarto, Rabu (08/072015).

Keenam Pospam terletak di pintu masuk Gerbang selamat datang Gunungkidul; Rest area Bunder; depan pasar Argosari Wonosari; depan Terminal Dhaksinarga Selang; depan pasar Semin; dan kawasan wisata pantai Baron dan Pulangsawal. Selain itu, disiagakan 9 pantau jalur mudik, untuk memantau kelancaran arus lalu lintas selama lebaran.

“Pospam dan Pospan yang ada, supaya bisa membantu kelancaran arus mudik. Seperti tahun-tahun sebelumnya, sering terjadi kemacetan maupun permasalahan lain di beberapa titik,” katanya.

Di setiap Pospam akan ditempatkan personil pengamanan dan pelayanan kesehatan. Terdapat fasilitas lain, seperti tempat laktasi atau menyusui, serta rest area yang bisa digunakan pemudik yang kelelahan saat berkendara.

Ia menambahkan, agar pemudik tetap waspada saat berkendara dan tidak memaksakan diri untuk berkendara, jika sedang mengantuk. Menurutnya, untuk kondisi aspal jalur mudik di Gunungkidul sudah cukup baik, tetapi jalur yang melalui perbukitan dan berkelok harus tetap diwaspadai.

“Kami menekankan, agar pemudik disiplin dalam berlalu lintas dan mematuhi rambu-rambu yang ada, terutama di titik rawan kecelakaan, agar tidak ceroboh dalam berkendara,” ujar AKP Yugi. (Atmaja)