Polling Bupati Gunungkidul: Hingga November, Dr. Tugiman Raih Suara Terbanyak

oleh
foto: Hasil PollingKita.com menempatkan Dr. Tugiman pada posisi teratas. insert: Dr. Tugiman. (KH)

GUNUNGKIDUL, (KH),– Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul Tahun 2020 terus bergulir. Minggu lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gunungkidul telah resmi memulai penyelenggaraannya.

Sejumlah nama yang mencuat akan tampil mengikuti kontestasi untuk menjadi orang nomor 1 di Gunungkidul semakin intens menjadi perbincangan. Bahkan nama-nama tersebut sejak, Senin, (24/09/2019) lalu diikutkan dalam jajak pendapat dan survey sederhana berbasis website di PollingKita.com.

Setidaknya ada 12 nama yang dimasukkan dalam polling tersebut. Nama-nama tersebut diprediksi akan mencalonkan diri sebagai bupati atau wakil bupati Gunungkidul. Mereka diantaranya; Dr. Tugiman, Mayor Sunaryanto, Wahyu Purwanto, Arif Setiadi, Bambang Wisnu Handoyo, Suharno, Immawan Wahyudi, Bahron Rosyid, Benjamin Sudarmadji, Sujoko, Ngadiyono, dan Supriyadi.

Dalam polling dengan pertanyaan “Menurut anda siapakah yang pantas menjadi Bupati Gunungkidul periode 2020-2025?” itu menempatkan tokoh asal Kedongpoh, Nglipar, Dr. Tugiman berada pada posisi paling puncak dengan memperoleh suara terbanyak.

Hingga, Sabtu, (16/11/2019) setidaknya ada 14.205 suara yang masuk. Dari total suara yang ada, akademisi Universitas Pasundan Bandung ini meraup 5.282 suara. Dirinya bertengger di posisi teratas dengan 37,2 persen suara.

Tokoh yang masih aktif menduduki tampuk pemerintahan sebagai wakil bupati, Immawan Wahyudi justru menguntit di belakang dengan jumlah 4.533 suara atau mengantongi 31,9 persen dari total suara.

Diurutan berikutnya, ada nama Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bahron Rosyid dengan 16,8 persen suara, atau sebanyak 2.382 peserta jajak pendapat menjatuhkan pilihan padanya.

Nama-nama bakal calon berikutnya berdasar urutan perolehan suara dalam jajak pendapat yakni Benjamin Sudarmadji 10.3%, Sunaryanto 0.8%, Wahyu Purwanto 0.6%, Arif Setiadi 0.6%, Bambang Wisnu Handoyo 0.4%, Suharno 0.4%, Sujoko 0.4%, Ngadiyono 0.3%, Supriyadi 0.2%.

Melihat hasil polling tersebut, tokoh masyarakat asal Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Sutejo menilai bahwa masyarakat Gunungkidul sudah terbuka wawasannya serta cerdas dalam menentukan pilihan. Menurutnya parameter pemimpin Gunungkidul yang tepat adalah sosok yang memiliki integritas  kapabilitas, loyalitas, knowledge. Dr. Tugiman dianggap merupakan figur yang memenuhi kriteria itu untuk  membawa kemajuan Gunungkidul kedepan.

“Hasil polling tersebut menunjukan tingginya dukungan masyarakat terhadap Dr.Tugiman, dan hal itu berbanding lurus dengan apa yang dilakukan,” ujarnya.

Ditambahkan, Dr Tugiman merupakan sosok pekerja keras, ulet, tulus, jujur dan iklas serta dikenal santun dan dekat dengan masyarakat, sehingga kehadirannya mendapatkan respon dan dukungan dari berbagai pihak. Bagi dia polling itu merupakan salah satu alat ukurnya.

Senada dengan Sutejo, Ketua Pokdarwis Kabupaten Gunungkidul, Awanto Subaryono meyakini hasil polling itu memang obyektif. Dirinya tidak kaget dengan sosok Dr. Tugiman yang saat ini mencuat di ranah PollingKita.com.

“Karena beliau adalah seorang sosok yang sering silaturohim dengan berbagai elemen masyarakat yang saat ini memang sangat mendambakan sosok seorang pemimpin yang benar-benar pro dengan rakyat, beliau adalah sosok  yang cerdas, pekerja keras, sederhana dan peduli dengan rakyat kecil,” puji Awanto.

Dalam pandangan pribadinya, Dr Tugiman adalah sosok yang pantas untuk memimpin Gunungkidul kedepan yang dinilai gemah ripah lohjinawi ini.

“Beliau juga pemerhati dan peduli berbagai hal yang nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat khususnya yang ada di Gunungkidul. Beliau juga sangat paham dan konsen dengan kemajuan pariwisata yang ada di Gunungkidul ini,” tukasnya. (red)

Komentar

Komentar