PMI Gunungkidul Kekurangan Relawan

oleh
PMI Gunungkidul. Sumber : pmi-gunungkidul.or.id
PMI Gunungkidul. Sumber : pmi-gunungkidul.or.id
PMI Gunungkidul. Sumber : pmi-gunungkidul.or.id

WONOSARI, (KH) — Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul akan membuka kesempatan kepada masyarakat untuk bergabung menjadi relawan. Rekrutmen dan pelatihan akan disiapakan untuk mematangkan pekerja kemanusiaan ini.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo mengatakan, rekrutmen ini akan mulai dilakukan bulan depan. Pihaknya akan membuka kesempatan secara luas kepada masyarakat Gunungkidul untuk menjadi relawan kemanusiaan.

“Rekrutmen ini kita lakukan mengingat saat ini jumlah relawan PMI terus menurun. Dari 18 kecamatan hanya ada kurang lebih 89 relawan,” kata Iswandoyo, Rabu (28/1/2015).

Dia menjelaskan, rekrutmen calon relawan akan dimulai dari tingkat bawah dengan harapan relawan yang bergabung memang karena panggilan jiwa, sehingga relawan dapat bekerja dengan maksimal serta ikhlas dan tidak jatuh di tengah tugasnya.

“Nanti, masyarakat yang mendaftar akan kita kumpulkan jadi satu di markas PMI. Mereka akan mendapatkan pelatihan sebelum terjun ke lapangan,” ungkapnya.

Iswandoyo menambahkan, Gunungkidul belum memiliki jumlah relawan yang ideal. Jika dilihat dari luas wilayahnya, setiap kecamatan harus memiliki 15 orang relawan. Dengan demikian pelaksanaan tugas relawan di setiap kecamatan akan maksimal.

“Karena tugas PMI tidak hanya transfusi darah, maka banyak tugas yang belum dikerjakan oleh pemerintah, bisa ditangani oleh PMI. Relawan PMI mempunyai posisi yang strategis,” katanya.

Dengan mengumpulkan relawan dari berbagai tingkatan serta pembinaan yang dilakukan oleh PMI, Relawan PMI akan mendapatkan semangat kemanusiaan, serta siap melaksanakan tugas kapan saja. Memiliki kepedulian terhadap lingkungan sekitar. (Juju/Tty)

Komentar

Komentar