PMI Berharap Minat Masyarakat Donor Darah Meningkat

oleh
Donor darah di Gunungkidul.

WONOSARI, (KH),– Permintaan darah di Kabupaten Gunungkidul cukup tinggi. Berdasar data Palang Merah Indonesia (PMI) Gunungkidul permintaan darah berkisar antara 400 hingga 500 kantong setiap bulannya.

Ketua PMI Gunungkidul, Iswandoyo, Kamis, (21/6/2018) mengatakan, meski begitu, tinginya permintaan darah dapat tercukupi dengan adanya kegiatan rutin donor darah.

“Selama libur lebaran Tahun 2018 ini stok darah berbagai jenis golongan cukup untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Iswandoyo, PMI Cabang Gunungkidul telah bekerja sama dengan seluruh rumah sakit terkait distribusi dan layanan permintaan darah. Saat memasuki bulan Puasa lalu pihaknya juga menggandeng masyarakat non muslim untuk menjaga ketersediaan stok darah.

“Kesadaran masyarakat di Kabupaten Gunungkidul sangat tinggi dalam hal donor darah. Dari 12.000 warga yang telah mendaftar sebagai pendonor, sebanyak 7.000 orang diantaranya rutin melakukan donor darah,” sambung Iswandoyo.

Ditambahkan, meski stok darah di Gunungkidul terbilang cukup, PMI Gunungkidul berharap kemauan masyarakat untuk donor darah semakin tinggi. Termasuk pada saat memasuki Bulan Puasa lalu, PMI juga menggandeng masyarakat non muslim untuk menjaga kecukupan stok darah.

Menjadi hal yang menggembirakan, saat ini banyak kegiatan masyarakat di Gunungkidul yang disisipi dengan kegiatan donor darah sehingga turut menopang ketersediaan darah. (Wibowo)

Komentar

Komentar