Pisang 40 Hari Layak Dibudidayakan

oleh
Pisang 40 Hari. Foto: Rado.
Pisang 40 Hari. Foto: Rado.

GIRISUBO,(KH),– Ada jenis pisang yang disebut Pisang 40 Hari. Masyarakat di wilayah Girisubo memberi nama demikian, karena jenis pisang yang dari bunga sampai matang hanya memerlukan waktu 40 hari.

Hal ini yang membedakan dengan jenis tanaman pisang pada umumnya yang dari berbunga sampai memanen rata-rata membutuhkan waktu 2-3 bulan. Menanam pisang selain mudah perawatannya juga memanfaatkan daun untuk membungkus makanan atau dijual di pasar. Ada beberapa pedagang yang membeli dau pisang dikarenakan tidak tersedia lahan dirumahnya atau stok tidak mencukupi.
Pisang 40 hari ini termasuk pisang buah, buahnya harum dan rasanya manis seperti pisang mas. Pohon pisang ini tidak terlalu tinggi rata-rata 2 meter. Batang daun berwarna agak keungu-unguan dan daun tidak terlalu panjang. Bentuk pisang 40 hari ni lebih ke oval dan berisi.
Daging pisang ini jika sudah ranum berwarna merah kekuningan dengan kulit yang tipis. Jika sudah masak pisang ini mudah mreteli.Pisang 40 hari hanya enak sebagai buah dan tidak enak untuk dijadikan pisang goreng.
Jenis pisang 40 hari mempunya anakan yang banyak sehingga cepat sekali tumbuh dan berkembang. Harga jual pisang ini untuk satu lirang mencapai Rp 3.500-5.000,-tergantung banyaknya pisang dalam satu lirang.
Dengan usia yang cukup pendek ini membuat para petani di wilayah Girisubo mulai melirik buah ini dan menanammya. (Rado).

Komentar

Komentar