Petani Sidorejo Ponjong Panen Perdana Jagung Varitas Hibrida Bisi 18

oleh
Panen raya kedelai dan jagung varitas baru di Sidorejo Ponjong. KH/Dispertan GK.

PONJONG, (KH),- Kelompok Tani Sri Rejeki Dusun Trengguno Lor Desa Sidorejo Kecamatan Ponjong mewakili 10 kelompok tani lainnya di Desa Sidorejo dalam panen perdana kedelai dengan total areal seluas 70 ha dan jagung seluas 90 ha, pada Selasa (15/5/2018). Panenan tersebut mernupakan panenan perdana untuk varitas baru yang diujicobakan di wilayah Gunungkidul.

Dalam acara panen tersebut dihadiri oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, BPTP Yogyakarta, Polsek, Koramil, Camat Ponjong, Mantri Tani, Koordinator dan PPL BPP Ponjong, Kepala Desa Sidorejo, Babinsa, Babin Kamtibmas Sidorejo, Ketua Gapoktan Karsa Manunggal serta perwakilan dari 10 kelompok tani se-desa Sidorejo, yaitu : Kelompok Tani Sri Rejeki, Sido Makmur, Asri, Mekarsari, Sido Mukti, Sedyo Mulyo, Tri Manunggal, Tani Rukun, Sedyo Rukun, dan Bangun Tani.

Kedelai dan jagung yang dipanen berupa varietas Grobogan dan Hibrida Bisi 18, yang benihnya difasilitasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunungkidul, sedangkan sarana produksi lainnya diusahakan swadaya oleh petani.

Produktivitas yang dihasilkan sebesar 1,77 ton/ha untuk kedelai dan 8,1 ton/ha untuk jagung berdasar hasil pengukuran ubinan. Dalam kesempatan ini kelompok tani berharap dengan produksi yang baik ini semoga mendapatkan harga pasar yang layak sehingga bisa meningkatkan pendapatan petani. (Kandar / Komunikasi Publik Dispertan Gk)

Komentar

Komentar