Pesona Wisata Sawah Ponjong, Alternatif Destinasi Selain Pantai

oleh
Wisata Sawah Bulak Widoro di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. KH.
Wisata Sawah Bulak Widoro di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. KH.

PONJONG, (KH),– Berlibur di Kabupaten Gunungkidul banyak pilihan tempat untuk dikunjungi. Memang destinasi pantai yang paling populer. Tetapi, jika ingin suasana berbeda, lebih tenang serta jalur lalu lintas cenderung lancar, kunjungilah desa wisata.

Salah satu destinasi wisata yang belum lama dibuka untuk umum berada di Kecamatan Ponjong. Kawasan yang dikembangkan menjadi destinasi menarik untuk berfoto ini dinamai Wisata Sawah Bulak Widoro.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Sawah Bulak Widoro, Riptanto Edy Wibowo mengatakan, destinasi yang dibuka Agustus tahun lalu ini memiliki panorama alami yang indah.

Dengan penambahan spot atau wahana berswafoto, menjadikan kawasan yang didominasi sawah berlatar belakang pegunungan ini patut menjadi pilihan untuk berakhir pekan.

“Semenjak dibuka antusiasme masyarakat berkunjung cukup baik,” ujarnya, Rabu, (9/1/2019).

Disebutkan, hari biasa kunjungan mencapai antara 200 hingga 300 wisatawan. Sementara untuk hari minggu dapat mencapai 700-1000 pengunjung.

Dengan biaya retribusi sebesar Rp. 3 ribu saja. pengunjung dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Diantaranya gazebo, miniatur bintang, rumah adat, serta taman bunga celosia.

Lelaki berusia 48 tahun ini menambahkan, kawasan Wisata Sawah Bulak Widoro cukup mudah dijangkau. Wisatawan cukup menempuh perjalanan sejauh 14 kilometer saja ke arah timur dari Kota Wonosari.

Setelah puas menikmati suasana sawah. Pengunjung dapat bergeser ke simpang lima Ponjong. Kuliner khas pecel serta puli dan tempe siap memanjakan lidah yang cukup dibayar dengan harga yang murah. (Kandar)

Komentar

Komentar