Pesawat PBY-505 Catalina Koleksi Museum Dirgantara Disiapkan Tampil Lebih Cerah

oleh
Pengecatan pesawat koleksi Museum Dirgantara.

YOGYAKARTA, (KH),– Dalam rangka perawatan koleksi, Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta melakukan pengecatan terhadap pesawat amphibi PBY-505 Catalina. Pesawat yang dioperasikan Skadron Udara 5 tahun 1950-an tersebut terlihat kusam karena sudah lama tidak dilakukan perawatan sehingga terjadi korosi.

Kondisi tersebut yang mendasari Kamuspusdirla Letkol Sus Drs. Dede Nasrudin memerintahkan pengecatan pesawat PBY-505 Catalina, pada Selasa (6/6/2017).

Pada saat melakukan peninjauan pengecatan pesawat PBY-505 Catalina, Kamuspusdirla mengatakan bahwa perawatan koleksi Muspusdirla merupakan kewajiban seluruh anggota tanpa terkecuali.

“Diharapkan dengan dilakukan pengecatan, pesawat PBY-505 Catalina akan terlihat lebih baik dan terawat serta dapat meningkatkan kenyaman pengunjung,” ungkap Kamuspusdirla. Warna biru yang selama ini dipakai dikembalikan kewarna asli yaitu abu-abu, sehingga memunculkan kesan cerah.

Warna abu-abu yang dipilih adalah referensi dari Letkol Tek (Purn) Koesnadi Saleh, S.IP, mantan Juru Mesin Udara (JMU) pesawat PBY-505 Catalina tahun 1963-1968 saat menjadi kekuatan alutsista TNI AU.

Dalam pengecatan tersebut, Muspusdirla mendapat bantuan tenaga dari Komunitas Djogjakarta 1945. Komunitas ini sendiri merupakan komunitas pecinta sejarah yang ada di Yogyakarta. (Kandar)