Pertama Di DIY, Polres Gunungkidul Miliki TMC Dan Command Center

oleh
Kapolres Gunungkidul, Ahmad Fuady menunjukkan sistem TMC dan Command Center di Mapolres Gunungkidul. KH/ Wibowo.

WONOSARI, (KH),– Traffic Management Center (TMC) dan Command Center yang dimiliki Polres Gunungkidul diklaim menjadi sistem yang pertama yang dibangun di DIY. Hal tersebut diungkapkan Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Mega Tetuko saat peresmian, Senin, (19/2/2018).

“Kabupaten Gunungkidul menjadi tempat perdana pemasangan sistem TMC dan Command Center yang ada  di Yogyakarta,” terang AKP Mega.

Dijelaskan, TMC akan mempermudah mengatur arus lalu lintas, sementara Command Center digunakan untuk memantau informasi melalui media sosial. Mega mengungkapkan, akan ada dua petugas yang stanby memantau sistem tersebut selama 24 non stop.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolres Gunungkidul, AKBP Ahmad Fuady usai meresmikan sistem TMC dan Command Center menerangkan, pemasangan sistem TMC merupakan upaya kepolisian dalam memberikan pelayanan cepat kepada masyarkat.

“TMC nanti tidak hanya menjadi pusat pengawasan kamera yang diletakan di tempat-tempat strategis, melainkan juga akan menjadi pusat koordinasi dan komunikasi lintas sektoral,” jelasnya.

Dalam memudahkan pengawasan telah dipasang 11 kamera pemantau di sudut-sudut keramaian di kota Wonosari. Dari belasan kamera tersebut akan dapat dilihat situtasi lalu lintas baik kepadatan arus atau kemacetan.

“Kami berharap ada kerja sama dengan Pemkab Gunungkidul untuk penambahan kamera utamanya di jalur-jalur wisata,” harap Ahmad Fuady

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Purnama Jaya menyambut baik diresmikanya dua sistem tersebut.

“Kami siap bekerja sama dengan polres Gunungkidul untuk mengembangkan TMC dan Command Center,” ujar Purnama Jaya. (Wibowo)

Komentar

Komentar