Peringati Hari Pahlawan, Kodim 0730 Bangun Rumah Veteran

Kegiatan Bedah Rumah oleh Kodim 0730 Gunungkidul bagi veteran. KH/ Wibowo.

SEMANU, (KH),– Komando Distrik Militer atau Kodim 0730 Gunungkidul, Yogyakarta memberikan bantaun bedah rumah kepada para veteran pejuang kemerdekaan dalam peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017 ini.

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Letkol Inf Muhammad Taufik Hanif mengatakan, sedikitnya ada sembilan veteran yang mendapat bantuan perbaikan rumah.

“Program bedah rumah merupakan bentuk apresiasi jasa para veteran yang berjuangg ikut merebut kemerdekaan Indonesia,” kata Letkol Inf Muhammad Taufik Hanif saat mengunjungi kegiatan bedah rumah, Kamis, (9/11/2017).

Sambung M Taufik Hanif, gerakan ini juga didasari masih banyakanya pejuang veteran yang hidup dibawah garis kemiskinan dengan kondisi rumah yang kurang layak. Dalam realisasi kegiatan bedah rumah pihaknya menggandeng Bank Negara Indonesia (BNI).

“Setiap rumah penerima manfaat akan mendapatkan dana bedah rumah sebesar Rp. 40 juta,” terangnya. Bedah rumah yang menyasar sembilan veteran ini dijadwalkan akan selesai pada bulan Desember mendatang.

Sementara itu salah satu veteran penerima program bedah rumah, Broto Wiyono, warga Desa Tengah Semanu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul mengaku sangat berterima kasih atas program bedah rumah tersebut.

Broto Wiyono berkisah, saat menjadi tentara dirinya pernah bertugas di Kepulauan Riau selama 28 bulan menjaga perbatasan Indonesia. Broto merasa senang rumah sederhana miliknya direhab secara cuma-cuma oleh TNI.

Rumah lelaki yang saat ini kesehariannya berprofesi sebagai petani ini mulai dilakukan rehab oleh petugas dari Koramil Semanu sejak sepekan yang lalu. “Saya akan tinggal di rumah baru nanti bersama keluarga,” kata kakek berusia 74 tahun ini senang.

Sementara itu, Kepala Kantor Administrasi Veteran Gunungkidul ,Mayor Inf Wahyudi Hutomo mengungkapkan, ada 114 Veteran yang terdaftar di Kabupatenn Gunungkidul. 114 veteran tersebut rutin mendapatkan uang pensiun dari pemerintah.

“Untuk besaran pensiunan berbeda-beda karena nominal disesuaikan dengan golongan yang dimiliki,” imbuhnya. (Wibowo)

Berbagi artikel melalui:
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Komentar

Komentar