Perantau Asal Gunungkidul Ini Berhasil Kembangkan Auto Security System

oleh
Susanto (insert) dan perangkat auto security system pengembangannya. Dok: istimewa.

Sebagai seorang pekerja-perantau, ia sangat merasakan bahwa sepeda motor merupakan “harta berharga” untuk segala aktivitas sehari-hari. Kehilangan motor dapat mengacaukan kehidupan pekerja rantau seperti dirinya. Bagaimana melindungi kendaraan bermotor dari kasus pencurian atau perampasan yang marak terjadi itu yang perlu dilakukan.┬áItulah ide dasar Susanto mengembangkan perangkat pengaman kendaran bermotor ini.

Susanto sehari-hari bekerja sebagai karyawan bagian QC pada sebuah perusahaan perakitan motor. Latar belakangnya sebagai lulusan SMK mekanik umum sangat membantu dirinya menggeluti dunia elektronika-mekanika ini. Ia memproduksi alat pengaman kendaraan tersebut di sela-sela waktu di rumahnya di Bekasi. Dua orang saudaranya direkrut untuk membantu merakit dan memasarkan produknya.

“Pertama kali kami membujuk rekan-rekan dan kenalan untuk memakai produk ini. Pernah juga kami nekat memasarkan dari pintu ke pintu rumah atau menyetop pengendara motor untuk memperkenalkan produk kami. Pernah kami malah dikira mau merampas motor pada waktu kami menyetop pengendara motor untuk mengenalkan perangkat ini. Itu pengalaman yang tak akan kami lupakan,” ungkapnya.

“Sekarang kami lebih fokus memasarkan produk ini secara online. Awalnya kami gagap memasarkan secara online. Tetapi alhamdulillah, kami sangat merasakan berbagai kemudahan dan peningkatan pelanggan dengan berjualan produk secara online. Pemakai produk kami mayoritas di wilayah Jabodetabek. Ada pula pembeli dari kota-kota besar lainnya, seperti Semarang, Surabaya, Lampung, Makassar, dan lain-lainnya,” kata Susanto.

“Pembeli pertama produk kami saat memasarkan secara online berasal dari Gorontalo. Dari pembeli pertama itu kami bisa belajar, jualan online harus bisa menjaga kepercayaan. Kami sebagai penjual tidak boleh main-main. Ketika dia bayar, barang saya kirim. Saya memandu pembeli memasang produk. Instalasi berhasil, pembeli merasa puas. Ternyata orang yang sebelumnya tidak saya kenal bisa percaya dan terbantu dengan produk kami. Kami juga merasakan secara langsung, ternyata produk yang kami jual online benar-benar efektif dan mampu menambah rejeki kami,” ungkapnya.

Produk yang dihasilkan Susanto ini terbilang sebagai produk industri kreatif yang dikerjakan di rumah. Meskipun demikian, volume pemesanan dan penjualannya terhitung sudah lumayan. Pernah mereka mesti bekerja ekstra karena harus memenuhi pesanan 3000 unit dalam waktu satu bulan. Untuk saat ini penjualan dalam kisaran 2000-an unit per bulan.

Komentar

Komentar