Penutupan TMMD: Jalan Cor Beton 860 M Di Desa Songbanyu Terbangun

oleh
Penyerahan hasil kegiatan TMMD dari Dandim 0730/GK ke Bupati Gunungkidul, Badingah. foto: istimewa.

GIRISUBO, (KH),– Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Ke-104 Tahap I Tahun Anggaran 2019 Kodim 0730/Gunungkidul selesai. Upacara penutupan digelar, Rabu, (27/3/2019) kemarin di Lapangan Joho Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul.

Pada upacara penutupan, Pasi Ter Kodim 0730/GK, Kapten Inf Agus Rahmad Widodo melaporkan, sasaran kegiatan TMMD Ke 104 Sengkuyung Tahap I TA 2019 berada di Dusun Putat Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul telah dilaksanakan.

“Sasaran fisik terdiri dari pembuatan cor rabat beton panjang 860 Meter Lebar telah di laksanakan, bahkan melebihi dari target sepanjang 40 Meter,” kata Kapten Inf Agus Rahmad Widodo

Selain itu, kegiatan non fisik yang telah di laksanakan pada tanggal 12 hingga 13 Februari 2019 di balai Desa Songbanyu berupa penyuluhan-penyuluhan diantaranya; wawasan kebangsaan dari Kodim 0730/GK, bahaya narkoba dari BNK Kabupaten Gunungkidul, pencegahan penyalahgunaan medsos dari Kominfo, pencegahan paham radikal dan Kamtibmas dari Polres Gunungkidul, serta partisipasi dalam pembangunan dari DP3AKBPM, serta beberapa materi kegiatan penyuluhan yang lain.

Adapun sumber dana dalam TMMD Sengkuyung Ke 104 tahap I TA 2019 di Desa Songbanyu Kecamatan Girisubo Kabupaten Gunungkidul berasal dari APBD DIY Rp 75.000.000 dan APBD Kabupaten Gunungkidul Rp 225.000.000 sehingga totalnya sebanyak Rp 300.000.000.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0730/GK, Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto SH, menyampaikan upacara penutupan sekaligus menandai berakhirnya program TMMD sengkuyung ke 104 yang dilaksanakan secara serentak di 50 kabupaten dan Kota di seluruh Nusantara.

Dijelaskan, kegiatan serupa diprogramkan 3 kali di tahun 2019 ini. kegiatan ini merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementrian dan lembaga negara lainnya untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

“Sejalan dengan tema TMMD kali ini, saya mengajak seluruh elmen masyarakat untuk bekerjasama membangun daerah untuk mengatasi berbagai masalah baik tantangan dan hambatan di bidang Ekonomi , teknologi, sosial dan budaya.

Untuk itu, sambung Dandim, TMMD masuk di tengah masyarakat untuk menyebarkan semangan gotong royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan.

Selaku penangung jawab orasi TMMD, Dandim menyampaikan terimakasih dan apreasi kepada seluruh pihak terutama pemerintah daerah dan masyarakat atas segala dukungannya sehingga TMMD dapat berjalan dengan lancar hingga mencapai target yang di harapkan.

Hadir dalam kegiatan penutupan TMMD Sengkuyung ke 104 TA 2019 tersebut diantaranya; Bupati Gunungkidul, Hj.Badingah S.Sos, Kasi Pres Korem 072/Pmk Letkol Inf Riza Anom Putranto SIP MSi, Dandim 0730/GK Letkol Inf Noppy Laksana Armiyanto SH, Kapolres  Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady SH SIK MH, Ketua DPRD Gunungkidul Demas Krusiswanto AMd dan beberapa pejabat dari beberapa OPD. kegiatan upacara setidaknya diikuti 500 peserta yang bersal dari masyarakat lokal dan perwakilan sejumlah organisasi masyarakat (Ormas). (Kandar)

Komentar

Komentar