Peningkatan SDM Petani Lewat Lomba Cerdas Cermat Gapoktan Dan KWT

oleh
Cerdas cermat Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) di Semin. (KH/ WAP)

SEMIN, (KH),– Petani sebagai garda terdepan dalam rangka menciptakan swasembada pangan dan mempertahankan ketahanan pangan, oleh karena itu SDM petani harus memiliki daya saing guna meningkatkan hasil pertanian.

Hal itu di sampaikan Staf Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Bidang Ketahanan Pangan, Suratno dalam acara lomba cerdas cermat Kelompok Tani (Poktan) dan Kelompok Wanita Tani (KWT) se-desa Bendung, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan di balai desa Desa Bendung, Kecamatan Semin, Gunungkidul, Kamis, (22/08/19).

“Dengan di selenggarakannya acara cerdas cermat pengetahuan kelompok tani bisa bertambah, jadi wawasan teori juga dibutuhkan sehingga SDM meningkat,” kata dia.

Pihaknya sangat mengapresiasi acara yang diselenggarakan oleh pemerintah Desa Bendung dalam memaksimalkan dana desa.

“Dana desa kan tidak melulu bicara fisik tapi juga peningkatan kwalitas ekonomi salah satunya peningkatan SDM para petani, apa lagi kita di negara agraris,”.

Sementara itu, Kelapa Desa Bendung, Didik Rubiyanto dalam sambutannya mengutarakan, tujuan mengadakan acara lomba cerdas cermat kelompok tani untuk mengevaluasi hasil dari pengetahuan teori yang sudah diberikan pemerintah desa kepada para petani.

“Acara ini di selenggarakan untuk mengevaluasi seberapa pemahaman para kelompok tani dalam menyerap ilmu pertanian yang telah di berikan oleh pemerintahan desa,” kata Didik.

Tim juri pelaksanaan lomba cerdas cermat antara kelompok tani dan Kelompok Wanita Tani (KWT) tersebut berasal dari DPP Kabupaten Gunungkidul.

Selain lomba, bersamaan dengan agenda tersebut para petani se-Desa Bendung juga memamerkan hasil produk pertaniannya dalam bentuk bazar sayur mayur dan buah. Diadakan pula lomba gelar cipta menu masakan dan penilaian usaha ekonomi kreatif dari Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul. (WAP)

Komentar

Komentar