Penghargaan Pangripta Nusantara untuk Gunungkidul

oleh

WONOSARI,Kabarhandayani;Kabupaten Gunungkidul meraih penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara dari Pemerintah Pusat. Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dinilai telah memiliki sistem perencanaan pembangunan daerah terbaik tingkat Nasional Tahun 2014. Pengargaan diberikan oleh Kementerian Perencaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/ Bappenas).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Dr. Armida S Alisjahbana dan diterima langsung oleh Bupati Gunungkidul Hj. Badingah S.Sos di Jakarta beberapa hari lalu bersamaan dengan pelaksanaan Musrenbangnas. Bupati Badingah mengatakan, pemberian anugerah tersebut diharapkan dapat mendorong pembangunan yang merata di Kabupaten Gunungkidul.

“Penghargaan ini mendorong pembangunan lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan serta sekaligus menciptakan insentif bagi pemerintah daerah untuk mewujudkan perencanaan yang lebih baik,” kata Bupati Gunungkidul dalam temu awak media, Jumat (2/5/2014).

Kepala Bappeda Gunungkidul Ir Syarief Armunanto MSi menambahakan, untuk mendapatkan penilaian tersebut harus melewati tiga kriteria dan pembobotan yang terukur.

Pertama terkait dokumentasi perencanaan, yang di dalamnya berisi keterkaitan, konsistensi, kelengkapan, dan keterukuran. Kemudian lanjut Syarief, penilaian diteruskan melalui verifikasi wawancara oleh tim independen Pemda DIY, meliputi perencanaan dari bawah, atas, teknokratik dan politik. Sementara penilaian yang ketiga adalah verifikasi melalu paparan dan wawancara oleh tim penilai Pemerintah Pusat.

Penulis: Juju. Editor: Jjwidiasta.

Komentar

Komentar