Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Gunungkidul Terendah Se-DIY

oleh
Wabup, Immawan Wahyudi bersama kepala daerah dan walikota menerima penghargaan. foto: istimewa.

YOGYAKARTA, (KH),– Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) memberikan predikat penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Gunungkidul dengan predikat B.

Berdasar informasi yang dirilis Humas Menpan RB, Kabupaten Bantul, Kota Yogya, Kabupaten Sleman dan Kabupaten Kulonprogo memperoleh predikat BB. Sehingga predikat B yang diraih Gunungkidul tersebut menjadi yang terendah Se-DIY.

Usai penyerahan penghargaan hasil evaluasi SAKIP di Yogyakarta di Selasa, (13/2/2018) lalu, Menpan RB, Asman Abnur menyampaikan apresiasinya kepada pemda yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan efisiensi birokrasi.

“Saya mengharapkan para Bupati, Walikota, dan Sekretaris Daerah untuk lebih fokus dan lebih serius lagi dalam memberikan perhatian guna terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dan sekaligus berorientasi hasil,” ujarnya dalam acara penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP.

Bagi kabupaten/kota yang masuk dalam katagori “CC”, “C”  dan “D”, Menteri Asman menekankan agar segera melakukan study tiru ke pemerintah daerah lain yang sudah lebih baik dalam menerapkan SAKIP yang berkualitas.

“Kita harus mengubah mind set, dari sebelumnya bermental menghabiskan anggaran menjadi mental memberi manfaat dari hasil kerja yang dilakukan,” imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, pada lembar hasil penilaian yang disampaikan oleh Menpan RB kepada Bupati Gunungkidul, dari lima komponen yang dinilai, Pemkab Gunungkidul mendapat akumulasi nilai sebanyak 67,95.

Nilai tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran sudah cukup baik jika dibandingkan dengan capaian kinerjanya. Hal tersebut disebabkan oleh pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemkab Gunungkidul sudah mulai berjalan, namun masih memerlukan perbaikan lebih lanjut. (Kandar)

Komentar

Komentar